Sambutan Lurah Desa dalam Penyusunan Kebijakan Perlindungan Anak

Administrator 02 April 2019 11:15:30 WIB

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Perkembangan program kebijakan perlindungan anak di Desa Gilangharjo semakin baik. Sekarang banyak pihak peduli dan mengetahui prosedur bila terjadi praktik buruk yang mengancam hak anak. Sudah sepantasnya, isu dan tantangan perlindungan anak harus segera dijawab dengan membuat langkah-langkah kongkret melalui perencanaan dan koordinasi dengan pihak terkait.

Pemerintah Desa Gilangharjo mendukung penuh program perlindungan anak. Salah satu wujud nyata kepedulian pemerintah desa ialah dibentuknya Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA). Pembentukan organisasi ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Desa Gilangharjo untuk menjamin perlindungan hak anak, sehingga apabila terjadi permasalahan dapat segera direspon dengan cepat, tepat serta lebih efektif dan efesien.

Sebenarnya kebijakan perlindungan anak ini sejalan dengan visi dan misi Lurah, yakni “Mewujudkan Desa Gilangharjo yang Aman, Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, Berbudaya, dan Berakhlak Mulia”. Tentu dengan kerjasama semua element kita bisa mencapai semua cita-cita itu mewujudkan desa yang aman dan nyaman sehingga ramah bagi semua termasuk anak.

Saat ini, Desa Gilangharjo sedang berbenah menyiapakan sarana dan prasarana untuk mendukung desa ramah anak. Pada tahun ini beberapa area publik di lingkungan kantor desa seperti taman desa dan ruang rapat serta aula akan segera dilakukan perbaikan. Sehingga kegiatan kelembagaan di lingkungan desa, termasuk rapat atau pertemuan membahas isu-isu mutakhir tentang perlindungan anak semakin baik.

Selain itu, Desa Gilangharjo juga telah ditunjuk menjadi desa budaya. Maka desa juga menganggarkan pementasan seni karya anak di Desa Gilangharjo. Kegiatan ini dilaksanakan pada peringatan Hari Anak Nasional. Tentu kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena dapat mendorong perkembangan pada anak serta mengenalkan kebudayaan lokal sejak dini.

Melalui sambutan ini kami berpesan dan berharap kepada seluruh masyarakat khususnya untuk para orang tua untuk semakin memperhatikan anaknya masing-masing. Jangan sampai karena kesibukan atau permasalahan diri kita berdampak pada anak kita. Selama ini dalam hal tertentu kita sering memberikan beban kesalahan pada anak. Mestinya kita semua sebagai orang dewasa dan sebagai masyarakat, harus memberikan panutan bagi anak-anak.

Kami sangat menghargai kontribusi dari berbagai pihak yang telah menyumbangkan pemikiran penyusunan Kebijakan Perlindungan Anak (KPA) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perlindungan Anak Desa Gilangharjo ini. Namun demikian perkembangan positif produk legislasi terkait anak ini kami harap diimbangi dengan komitmen pelaksanaannya. Marilah dengan semangat gotong royong, bersama-sama kita tingkatkan kualitas koordinasi kita dalam mengemban amanah perlindungan Anak Indonesia, sehingga kedepan kita akan memiliki sumberdaya manusia yang berkualitas.

Demikianlah sambutan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. (Nd)

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Komentar atas Sambutan Lurah Desa dalam Penyusunan Kebijakan Perlindungan Anak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License