Upacara Adat Wiwitan Desa Gilangharjo tahun 2019

FIKTabina 06 September 2019 10:55:54 WIB

Pelestarian tradisi dan budaya merupakan bagian dari usaha kita untuk mempertahankan keberagaman sekaligus persatuan di Indonesia. Hal ini juga menjadi perhatian oleh Pemerintah Desa Gilangharjo. Segala sesuatu tentang pelestarian tradisi budaya telah dilaksanakan. Salah satunya adalah Upacara Adat Wiwitan yang baru saja digelar Rabu, 4 September kemarin. Dilaksanakan di Bulak Tani Ngaran-Karanggede, turut hadiri Wakil Bupati Bantul, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Camat Pandak, Pamong Desa, Miss Bantul dan warga masyarakat yang ingin menyaksikan acara dengan antusias.

Acara diawali dengan Tari Topeng Pengusir Hama, sebagai perwujudan penghalauan hama yang dapat mengurangi hasil panen. Dilanjutkan dengan pengunduhan padi pertama sebagai penanda awal masa panen. Sebagai hiburan, tampil pula Sendra Tari Dewi Sri, Tari Gambyong, dan kesenian Gejog Lesung yang sangat menggambarkan suasana tradisi wiwitan di pedesaan. Di salah satu sisi, juga terpajang produk – produk lokal pertanian, pandai besi dan olahan pangan . Selain untuk memperkenalkan produk, pameran ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian warga masyarakat.   

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul menyampaikan rasa bangganya pada masyarakat Desa Gilangharjo karena telah melestrarikan tradisi budaya ini. Meskipun hasil panen di Desa Gilangharjo mengalami penurunan jika dibandingkan hasil panen tahun lalu, semoga kedepannya kita dapat mempelajari kembali kondisi alam dan pertanian. Dengan begitu, hasil bisa lebih baik dan jumlahnya pun meningkat. (FIK)               

Komentar atas Upacara Adat Wiwitan Desa Gilangharjo tahun 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

...Kami menerima tulisan dari pembaca sekalian dengan mengirim via wa ke 0857 2998 2887 / 081 3922 311 55....

Lokasi Gilangharjo

tampilkan dalam peta lebih besar