Kethoprak Karang Taruna dan Reog Karang Taruna Sebagai Upaya Pelestarian Budaya

FIKTabina 26 September 2019 11:28:08 WIB

Sebagai bangsa yang memiliki rekam jejak sejarah panjang dan keberagaman budaya lokal, setiap warga harus bersama-sama melestarikan dan mengembangkan warisan budaya secara berkelanjutan. Dengan begitu, berbagai warisan budaya yang menjadi jati diri dan ciri khas Bangsa Indonesia dapat terus lestari. Kesadaran itulah yang mendorong Karang Taruna Desa Gilangharjo untuk ikut serta dalam melestarikan warisan budaya itu. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Gilangharjo adalah dengan membentuk kelompok-kelompok kesenian di tingkat desa.

"Ya kami sadar bahwa budaya yang merupakan warisan bangsa ini perlu dijaga dan dilestarikan. Oleh sebab itu kami berusaha membentuk kelompok-kelompok kesenian di tingkat desa. Untuk tahap awal, kami hanya membentuk dua kelompok, yaitu Kethoprak Karang Taruna dan Reog Karang Taruna", ujar Deni Setyawan selaku Ketua Karang Taruna Desa Gilangharjo

Memang tidak mudah untuk melestarikan warisan budaya kesenian tradisional semacam kethoprak dan reog. Apalagi saat ini kesenian semacam itu semakin minim peminat. Namun itu semua justru menjadi pemicu semangat Karang Taruna Desa Gilangharjo. Terlebih saat ini pengurus karang taruna telah merasakan sendiri manfaat dari usaha pelestarian budaya ini.

Menurut Deni, banyak sekali manfaat dari usaha pembentukan kelompok kesenian ini, antara lain bisa menjadi media pengenalan kesenian tradisional, menjadi media pengembangan minat dan bakat pemuda-pemudi di Desa Gilangharjo, memberikan kegiatan positif bagi generasi muda, menjadi salah satu potensi desa yang patut diperhatikan dan sebagainya.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang didapatkan, karang taruna mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak, khususnya dari pemerintah Desa Gilangharjo.

"Tentu kami sangat berharap selalu ada dukungan dari semuanya atas upaya kami ini, khususnya dari pemerintah desa. Kami tentu tidak bisa melakukannya tanpa bantuan pemerintah dan masyarakat", ujar Deni. (IH)

Komentar atas Kethoprak Karang Taruna dan Reog Karang Taruna Sebagai Upaya Pelestarian Budaya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

...Kami menerima tulisan dari pembaca sekalian dengan mengirim via wa ke 0857 2998 2887 / 081 3922 311 55....

Lokasi Gilangharjo

tampilkan dalam peta lebih besar