Pemerintah Desa

FIKTabina 02 Oktober 2019 13:47:51 WIB

Pemerintah Desa Gilangharjo

Pemerintah Desa Gilangharjo memilki jajaran lengkap yang menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) masing – masing menurut Perda No. 42 tahun 2016.

Lurah Desa Gilangharjo

Lurah Desa Gilangharjo untuk periode 2016 – 2022 ini adalah Drs. Pardiyono. Lurah Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Fungsi-fungsi Lurah Desa adalah sebagai berikut:

  1. menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
  2. melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan.
  3. pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.
  4. pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
  5. menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

 

Carik Desa

Carik Desa Gilangharjo adalah Suharsyati Purwanti, S.Pd. Tugas utamanya yaitu membantu Lurah dalam bidang administrasi pemerintahan, antara lain:

  1. mengoordinasikan penyusunan kebijakan dan program kerja pemerintahan desa;
  2. pengoordinasian pelaksana teknis dan pelaksana kewilayahan;
  3. mengoordinasikan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa;
  4. menyelenggarakan kesekretariatan desa;
  5. menjalankan administrasi desa;
  6. memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi pemerintah desa;
  7. melaksanakan urusan rumah tangga, dan perawatan sarana dan prasarana fisik pemerintah Desa; dan
  8. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Lurah

 

Sedangkan Fungsi Carik Desa adalah sebagai berikut;

  1. melaksanakan urusan  ketatausahaan  seperti  tata  naskah,  administrasi  surat menyurat, arsip, dan ekspedisi;
  2. melaksanakan urusan  umum  seperti  penataan  administrasi  perangkat   desa,  penyediaan   prasarana   perangkat   desa   dan   kantor,   penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi,  perjalanan  dinas,  dan  pelayanan umum;
  3. melaksanakan urusan  keuangan  seperti  pengurusan  administrasi   keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan  pengeluaran,  verifikasi  administrasi  keuangan,  dan  admnistrasi  penghasilan  Kepala   Desa,  Perangkat  Desa,  BPD,  dan  lembaga   pemerintahan   desa   lainnya;  dan
  4. melaksanakan urusan   perencanaan   seperti   menyusun    rencana    anggaran  pendapatan  dan   belanja   desa,   menginventarisir   data-data   dalam  rangka  pembangunan,   melakukan   monitoring   dan   evaluasi program, serta penyusunan

 

Kaur Keuangan

Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Gilangharjo dijabat oleh Erni Iswati, SE. Pelaksana Urusan Keuangan memiliki tugas membantu Carik Desa dalam hal administrasi keuangan.  Rincian tugas tersebut antara lain:

  1. menyiapkan bahan  penyusunan  anggaran,  perubahan  dan  perhitungan   APB Desa;
  2. menerima, menyimpan,   mengeluarkan   atas   persetujuan   dan   seizin   Lurah  Desa,  membukukan   dan   mempertanggung-jawabkan   keuangan  Desa;
  3. mengendalikan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;
  4. mengelola dan membina administrasi keuangan desa;
  5. menggali sumber pendapatan desa;
  6. melakukan tugas-tugas kedinasan di luar urusan keuangan  yang  diberikan oleh Lurah  Desa  atau  Carik  Desa; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan

 

Selain itu, Pelaksana Urusan Keuangan juga memiliki fungsi, sebagai berikut:

  1. pengurusan administrasi keuangan;
  2. administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran;
  3. verifikasi administrasi keuangan; dan
  4. administrasi penghasilan Lurah Desa, Pamong Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa

 

Kaur Tata Usaha dan Umum

Kepala Urusan (Kaur) Tata Usaha dan Umum dijabat oleh Ndaru Sih Wahyono, SS. Pelaksana Urusan Tata Usaha dan Umum bertugas membantu Carik Desa dalam urusan ketatausahaan, rumah tangga, dan perlengkapan. Pelaksana Urusan Tata Usaha dan Umum mempunyai tugas antara lain:

  1. melakukan urusan surat menyurat;
  2. melaksanakan pengelolaan arsip Pemerintah Desa;
  3. melaksanakan pengelolaan barang inventaris Desa;
  4. mempersiapkan sarana rapat/pertemuan, upacara resmi dan lain-lain kegiatan Pemerintah Desa;
  5. melaksanakan pengelolaan perpustakaan Desa;
  6. melakukan tugas-tugas kedinasan di luar urusan umum yang diberikan oleh Lurah Desa atau Carik Desa; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan

 

Pelaksana Urusan Tata Usaha dan Umum juga mempunyai fungsi antara lain:

  1. pelaksanaan urusan ketatausahaan;
  2. pelaksanaan urusan administrasi surat-menyurat;
  3. pelaksanaan urusan arsip;
  4. pelaksanaan urusan ekspedisi;
  5. pelaksanaan urusan penataan administrasi perangkat desa;
  6. pelaksanaan urusan penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor;
  7. pelaksanaan urusan penyiapan rapat;
  8. pelaksanaan urusan pengadministrasian aset;
  9. pelaksanaan urusan inventarisasi;
  10. pelaksanaan urusan perjalanan dinas; dan
  11. pelaksanaan urusan pelayanan

 

Kaur Perencanaan

Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Desa Gilangharjo adalah Siwantara, S.Si. Pelaksana Urusan Perencanaan merupakan unsur Sekretariat Desa yang membantu tugas Carik Desa di bidang perencanaan, pengendalian dan pelaporan program pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan  dan  pemberdayaan  masyarakat  Desa. Urusan Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Urusan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab melalui Carik Desa.

 

Urusan Perencanaan mempunyai tugas :

  1. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan dan perencanaan kerja pemerintahan desa;
  2. melaksanakan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan perencanaan kerja pemerintahan desa secara rutin dan/atau berkala;
  3. menyusun pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa      akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan;
  4. melakukan tugas-tugas   kedinasan   di   luar urusan  perencanaan yang  diberikan  oleh Lurah Desa atau Carik Desa;
  5. melaksanakan Musrenbang Desa;
  6. menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa;
  7. menyusun Rencana Kerja Pemerintahan Desa; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan

 

Urusan Perencanaan mempunyai fungsi :

  1. menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa;
  2. menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan;
  3. melakukan monitoring dan evaluasi program; dan
  4. penyusunan

 

Kasie Pemerintahan

Kepala Seksi (Kasie) Pemerintahan Desa Gilangharjo adalah Supriyanto, SE. Seksi Pemerintahan merupakan  unsur  pelaksana  teknis  yang  membantu  tugas  Lurah Desa di bidang pemerintahan, keamanan, ketertiban dan  perlindungan masyarakat.

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas :

  1. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pemeliharan ketentraman, ketertiban dan perlindungan
  2. melaksanakan administrasi kependudukan;
  3. melaksanakan administrasi pertanahan;
  4. melaksanakan pembinaan sosial politik;
  5. memfasilitasi kerjasama Pemerintah Desa;
  6. menyelesaikan perselisihan warga; dan
  7. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Lurah

Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan;
  2. menyusun rancangan regulasi desa;
  3. pembinaan masalah pertanahan;
  4. pembinaaan ketentraman dan ketertiban;
  5. pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan;
  6. penataan dan pengelolaan wilayah; dan
  7. pendataan dan pengelolaan Profil Desa.

 

Kasie Kesejahteraan

Kepala Seksi (Kasie) Kesejahteraan Desa Gilangharjo adalah Sigit Setyawan, ST. Seksi Kesejahteraan merupakan  unsur  pelaksana  teknis  yang  membantu  tugas  Lurah  Desa    di bidang kesejahteraan.

Seksi Kesejahteraan mempunyai tugas :

  1. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pembangunan desa;
  2. mengelola sarana dan prasarana perekonomian masyarakat desa dan sumber-sumber pendapatan desa;
  3. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai bidang tugasnya;
  4. mengembangkan sarana prasarana pemukiman warga;
  5. meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup; dan
  6. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Lurah

 

Seksi Kesejahteraan mempunyai fungsi :

  1. melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan;
  2. pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, dan tugas sosialisasi; dan
  3. motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang

 

Kasie Pelayanan

Kepala Seksi (Kasie) Pelayanan Desa Gilangharjo adalah Basuki, Amd. Seksi Pelayanan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas  Lurah  Desa  di  bidang agama, pembinaan kemasyarakatan dan kesejahteraan rakyat.

Seksi Pelayanan mempunyai tugas :

  1. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pembinaan mental spiritual, keagamaan,  nikah,  talak,  cerai  dan  rujuk, sosial, pendidikan, kebudayaan, olah raga, kepemudaan, kesehatan masyarakat, kesejahteraan keluarga, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak;
  2. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai  bidang  tugasnya;
  3. mengoordinasikan kegiatan pelayanan satu pintu; dan
  4. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Lurah

 

Seksi Pelayanan mempunyai fungsi :

  1. melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat;
  2. meningkatkan upaya partisipasi masyarakat;
  3. pengoordinasian kegiatan pelayanan satu pintu; dan
  4. pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan

 

Dukuh

Dukuh merupakan kepala Pelaksana Kewilayahan, berkedudukan  di  bawah  dan  bertanggungjawab  kepada  Lurah Desa dan di bidang administrasi dikoordinasikan oleh Carik Desa.

Terdapat 15 dukuh yang bertugas di masing – masing pedukuhan Desa Gilangharjo, antara lain:

  1. Dukuh Kadisoro       : Basuki Pantara
  2. Dukuh Jodog           : Bayu Yunarko
  3. Dukuh Karangasem  : Sapto Wahyudi
  4. Dukuh Daleman       : Mugi Rusdianto
  5. Dukuh Jomboran      : -
  6. Dukuh Kauman        : Dwi Santoso
  7. Dukuh Banjarwaru   : Hastono
  8. Dukuh Bongsren      : Yulihandi
  9. Dukuh Kadekrowo    : Anta
  10. Dukuh Ngaran         : Alim Sutopo
  11. Dukuh Krekah         : Yudi Santosa
  12. Dukuh Karanggede  : Margini
  13. Dukuh Gunting        : Tumilan, SH
  14. Dukuh Depok          : Suratija
  15. Dukuh Tegallurung   : Drs. Supriyanto

 

Tugas – Tugas Dukuh antara lain:

  1. membantu Lurah  Desa   dalam   melaksanakan   tugas   kegiatan   Lurah  Desa;
  2. melaksanakan kegiatan di bidang pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan, kebudayaan, ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat;
  3. melaksanakan Peraturan Desa, Peraturan Lurah Desa dan Keputusan Lurah Desa; dan
  4. melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Lurah

 

Selain itu, Dukuh juga mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
  2. Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayah
  3. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya; dan
  4. Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelengaraan pemerintahan dan pembangunan.

 

 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

...Kami menerima tulisan dari pembaca sekalian dengan mengirim via wa ke 0857 2998 2887 / 081 3922 311 55....

Lokasi Gilangharjo

tampilkan dalam peta lebih besar