Jathilan, Kesenian Rakyat yang Legendaris

Ndaru Admin Web 02 Mei 2023 19:16:24 WIB

Gilangharjo (15/3) Kesenian jathilan, atau kuda lumping, atau jaran kepang, adalah sebuah bentuk seni pertunjukan kerakyatan atau kesenian rakyat yang tak pernah lekang oleh waktu, dari beberapa dekade yang lalu hingga saat ini jathilan masih mempunyai pasar penggemar yang tak surut, tentunya dengan berbagai perkembangan kemasan dan fasilitas pementasan, jathilan berkembang layaknya teknologi.

Dari segi tarian, kostum, gamelan, panggung, alur cerita, bahkan penataan dan setting sound system pun ikut andil dalam perkembangan pementasan jathilan. Di kabupaten bantul jathilan menjadi simbol-simbol yang bernuansa spirit berupa patung-patung di beberapa titik di pusat kota bantul, dikarenakan cerita dibalik sebuah tari jathilan itu sendiri yang menggambarkan kesatria berkuda sedang berlatih perang dengan penuh semangat.

Namun terlepas dari berbagai cerita tentang sejarah jathilan, pertunjukan tari jathilan menunjukkan fakta bahwa kesenian tersebut bukan sembarang pertunjukan jika melihat euforia penikmat seni dalam menyaksikan setiap pementasan jathilan, hingga beberapa penikmat seni menyebutnya kesenian legendaris.

Komentar atas Jathilan, Kesenian Rakyat yang Legendaris

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas