Reresik Gangsa Kyai Gilang Purba Sari

Ndaru Admin Web 02 Mei 2023 19:23:23 WIB

 

Gilangharjo (16/4) Gilangharjo pada tahun 2019 lalu mendapat amanah menerima hibah satu set gamelan perunggu dari Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, sebelumnya pada sekitar tahun 2015 an Gilangharjo sempat mendapat hak guna pakai satu set gamelan besi dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul. Namun pada kesempatan ini, pengurus gamelan atau juru kunci gamelan milik kalurahan gilangharjo melaksanakan pembersihan rutin berkala pada gamelan perunggu, yang diberi nama Gangsa Kyai Gilang Purba Sari.

Pengurus gamelan, gilang priyambodo dan tim pada tahap pertama membersihkan kemul (kain penutup gamelan), lantai, dan gamelan dari debu dan kotoran yang menempel, dan nanti pada tahap selanjutnya pembersihan akan dilakukan lebih mendetail pada lekukan ukiran rancak dan noda kusam yang ada di permukaan perunggu karena kelembaban udara.

Mengingat gamelan merupakan warisan budaya dan leluhur, mengingat pula harga satu set gamelan perunggu tersebut sangat mahal, maka perawatan yang rumit menjadi sebuah hal yang lumrah untuk dijalankan, agar gamelan lebih awet sehingga dapat bertahan dan berfungsi hingga bertahun-tahun mendatang.

Komentar atas Reresik Gangsa Kyai Gilang Purba Sari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas