Pelatihan Pembibitan Ikan Air Tawar Mina Muda Rahayu

Ndaru Admin Web 15 Mei 2023 10:46:51 WIB

Gilangharjo (3/5) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan air tawar yang diikuti oleh Kelompok Budidaya Ikan Mina Muda Rahayu Pedukuhan Jomboran Gilangharjo. Kegiatan ini dilangsungkan di Limasan Kwatangan RT 03 Jomboran Gilangharjo, dihadiri oleh Dukuh Jomboran, Juli Riyadi, dan seluruh anggota Kelompok.

Pertemuan diadakan selama 2 hari, Rabu - Kamis (3-4 Mei 2023). Pada pertemuan hari pertama, drh Tri Rahmayanti selaku narasumber memaparkan materi tentang pembibitan ikan air tawar, antara lain, lele, nila, dan gurame. Dalam paparannya, Tri Rahmayanti menyebutkan bahwa produksi pembibitan memiliki banyak kelebihan, diantaranya modal lebih kecil, perputaran modal lebih cepat, dan tidak memerlukan ruangan atau lokasi seluas pembesaran, namun dengan resiko kesehatan yang lebih riskan, pasalnya pembibitan lebih rentan terpapar penyakit dikarenakan imunitas bibit ikan belum terbentuk layaknya ikan dewasa.

Menurut narasumber, ilmu pembibitan ikan air tawar perlu dipelajari oleh pelaku budidaya ikan air tawar karena selain dapat dijual ke peternak lain, juga dapat di budidaya sendiri untuk dibesarkan sehingga dapat memangkas biaya produksi dalam pembelian bibit ikan, dan juga dapat terbiasa menangani permasalahan penyakit ikan sedini mungkin.

Komentar atas Pelatihan Pembibitan Ikan Air Tawar Mina Muda Rahayu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas