Pelatihan Tata Cara Pemeliharaan dan Penanganan Penyakit Ikan Air Tawar

Ndaru Admin Web 15 Mei 2023 10:48:30 WIB

Gilangharjo (3/5) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan air tawar yang diikuti oleh Kelompok Budidaya Ikan Mina Dompon Sejahtera, Kadisoro, Gilangharjo. Kegiatan ini dilangsungkan di Balai Pertemuan Mina Dompon Sejahtera Kadisoro RT 2 Gilangharjo, dihadiri oleh Dukuh Kadisoro, Basuki Pantoro, dan seluruh anggota Kelompok.

Pertemuan diadakan selama 2 hari, Rabu - Kamis (3-4 Mei 2023). Pada pertemuan hari pertama, drh Catarina Shinta selaku narasumber memaparkan materi tentang pemeliharaan dan penanganan penyakit pada ikan air tawar, antara lain, lele, nila, dan gurame. Dalam paparannya, Catarina Shinta menyebutkan bahwa dalam produksi budidaya ikan air tawar diperlukan fokus pada kualitas air, pakan, sinar matahari, dan sirkulasi air, agar kerentanan terhadap penyakit yang mengganggu perkembangan dan pertumbuhan dapat diminimalisir, sehingga tidak terjadi keterlambatan tumbuh yang dapat membuat biaya dan waktu produksi yang merugikan peternak menjadi bengkak dan mengurangi keuntungan atau omset produksi.

Menurut narasumber, kejelian peternak dalam menjaga kualitas produksi dan pengamatan penyakit yang disebabkan oleh beberapa hal sangat mempengaruhi biaya produksi, pasalnya saat ikan terkena penyakit bakteri maupun jamur memerlukan biaya tambahan untuk pengobatan, maka itu pencegahan sangat diperlukan untuk mengatisipasi hal tersebut.

Komentar atas Pelatihan Tata Cara Pemeliharaan dan Penanganan Penyakit Ikan Air Tawar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas