Penyuluhan Kesehatan Hewan Ternak untuk Para Peternak Dusun Jodog oleh PUSKESWAN Pandak

16 Mei 2018 09:48:39 WIB

Para peternak sapi dan kambing di Dusun Jodog Gilangharjo mendapatkan tambahan ilmu dalam beternak dari Petugas Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) Pandak yang mengisi acara Penyuluhan Kesehatan Hewan Ternak pada hari Rabu (9/5/2018) di Pendopo Pangrawiting Aji Jodog.

Dalam acara penyuluhan ini, hadir Lurah Desa Gilangharjo, Kasie Kesejahteraan dan Kasie Pemerintahan Desa Gilangharjo,  Dukuh Jodog, Petugas PUSKESWAN Pandak, serta Bapak/ Ibu Peternak di Dusun Jodog Gilangharjo. Dalam sambutannya, Lurah Gilangharjo Drs. Pardiyono menyampaikan harapannya untuk meningkatkan mutu hewan ternak di Desa Gilangharjo dengan pengetahuan tentang beternak yang dimiliki oleh para peternak setelah penyuluhan ini.

Antusiasme para peserta sangat terlihat selama mengikuti penyuluhan. Mereka mendengarkan penjelasan dari Nara Sumber dengan seksama dan mengajukan berbagai pertanyaan setelah sesi tanya jawab dibuka. Dalam pengarahannya, Drh. Suhiryanto dari PUSKESWAN Pandak menuturkan agar para peternak harus tanggap dengan berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang kerap terjadi pada hewan ternak. Selain itu, memahami masa birahi hewan betina juga sangat penting agar hewan ternak bisa lebih produktif dan menguntungkan bagi para peternak.

Dalam penyuluhan tersebut, PUSKESWAN juga menginformasikan tarif pelayanan pemeriksaan hewan yang lebih terjangkau bagi para peternak. Mereka dihimbau untuk menggunakan jasa Petugas PUSKESWAN agar biaya perawatan hewan ternak bisa lebih rendah. Tidak hanya dengan membawa hewan ternak ke PUSKESWAN, para peternak juga bisa menghubungi Petugas untuk memeriksa hewan ternak di kandang masing – masing. Selain itu, mereka juga bisa mengadakan POSYANDU Hewan Ternak dengan mengumpulkan hewan ternak yang ada di sekitar dusun untuk diperiksa secara bersamaan. Tentunya, dengan tarif yang lebih murah juga.       

Komentar atas Penyuluhan Kesehatan Hewan Ternak untuk Para Peternak Dusun Jodog oleh PUSKESWAN Pandak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas