Pemasaran Merupakan Salah Satu Bagian Vital Dalam Sebuah Usaha

Ndaru Admin Web 15 Mei 2023 10:51:40 WIB

Gilangharjo (4/5) Pelatihan Mina Dompon Sejahtera pada hari ke 2 yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Mina Dompon Sejahtera Kadisoro RT 2, dan dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bantul, Eko Sutrisno Aji, S.E., serta Seluruh Anggota Kelompok fokus dalam pembahasan pemasaran hasil budidaya. Pasalnya pemasaran merupakan salah satu bagian penting dalam berjalannya sebuah usaha, selain kualitas dan jumlah produksi yang harus konsisten periklanan dan pemasaran juga harus berjalan secara berimbang.

Eka Rahmawati, selaku narasumber dari Dinas Perikanan dan Kelautan melalui BPP Kapanewon Pandak menyampaikan, sebuah pemasaran hasil produksi akan menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha maupun kelompok usaha, khususnya budidaya ikan air tawar, karena di indonesia sendiri peminat ikan air tawar yang tinggi juga dibarengi dengan banyaknya pembudidaya ikan air tawar yang bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta, namun jika pemasaran dikelola dengan benar dan tepat, keberlangsungan sebuah usaha atau kelompok usaha dipastikan dapat bersaing oleh produsen yang lain.

Lanjut eka, Pengelolaan pemasaran yang dimaksud antara lain, kelihaian pelaku pembudidaya dalam melihat harga dan segmen pasar, konsistensi dalam kualitas ikan, ukuran, dan jumlah, serta dapat menjalin kerja sama dengan pihak ketiga yang bergerak di bidang pengelolaan ikan air tawar, misalkan warung makan, restaurant, hotel, dan pedagang pasar skala besar. Ketepatan dalam pemasaran tentunya akan menumbuhkan nilai ekonomi yang dapat mensejahterakan pelaku budidaya dalam kelompok tersebut.

Komentar atas Pemasaran Merupakan Salah Satu Bagian Vital Dalam Sebuah Usaha

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas