Ulu Ulu Gilangharjo Resmikan Kelompok Wanita Tani Satu Hati Banjarwaru

Ndaru Admin Web 15 Mei 2023 10:52:59 WIB

Gilangharjo (4/5) Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian, dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan pertanian dari sektor permodalan hingga pengolahan hasil pertanian, KWT Mempunyai jumlah anggota maksimal 30 orang, mampu menyediakan lahan Demplot minimal 500 meter persegi dan belum pernah mendapat bantuan kegiatan yang sama. Kriteria tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.07/2020 tentang pengelolaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik.

Pada kesempatan ini, Kamis 4 Mei 2023, Ketua RT 01 Banjarwaru, Sunu Budi, dengan didampingi oleh Ulu Ulu Gilangharjo dan Perwakilan BPP Kapanewon Pandak, menyelenggarakan proses peresmian KWT dengan diberi nama KWT Satu Hati Banjarwaru, yang diketuai oleh Deratri Febriyanti. Perlu diketahui KWT Satu Hati Banjarwaru sebelum diresmikan sudah mempunyai beberapa agenda kegiatan di demplot yang sudah disiapkan beberapa minggu yang lalu, antara lain pembuatan media tanam, pembuatan pupuk kandang, penanaman sayur, buah, dan bibit pohon.

Perwakilan BPP Kapanewon Pandak, drh. Eka Sulistya Budi, selaku narasumber menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk pengurus dan anggota KWT Satu Hati Banjarwaru atas semangat dan komitmennya untuk berkegiatan dan bersosial melalui KWT tersebut dengan konsep pertanian keluarga dengan sistem tanam organik, menggunakan pupuk kandang dan bahan-bahan non kimia, diharapkan nantinya hasil panen tanaman dari demplot KWT Satu Hati Banjarwaru selain memberikan nilai ekonomis bagi kelompok juga mampu menjaga kualitas organiknya yang sehat hingga tersaji dimeja makan keluarga.

Komentar atas Ulu Ulu Gilangharjo Resmikan Kelompok Wanita Tani Satu Hati Banjarwaru

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas