Sosialisasi Pembentukan BUMDes Gilangharjo

16 Mei 2018 11:33:17 WIB

Pemerintah Desa Gilangharjo mengadakan Sosialisasi Pembentukan BUMDes pada hari Senin (14/5/2018) di Aula Puri Selo Gilang Komplek Balai Desa Gilangharjo. Sosialisasi ini dihadiri oleh Lurah, Carik, dan segenap Pamong Desa Gilangharjo, Lembaga Desa serta Pendamping Desa dari Kecamatan dan Kabupaten.  

Dalam beberapa tahun terakhir, setiap desa di Indonesia mendapatkan kucuran dana dari Pemerintah Pusat yang dinamakan Dana Desa. Dalam pemanfaatannya, pada umumnya Dana Desa digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masing – masing dusun yang ada di setiap desa. Namun, Kementrian Desa menyampaikan bahwa pemanfaatan dana ini untuk pembangunan dirasa kurang tepat. Terlebih jika sarana dan prasarana Desa sudah cukup lengkap dan kondisinya baik.

Pihak desa harus memikirkan agar dana tersebut tidak hanya dimanfaatkan tapi juga dikembangkan. Dengan begitu, Dana Desa akan memberikan keuntungan yang akan bisa terus dinikmati oleh masyarakat, bahkan setelah dana ini berhenti dikucurkan dari Pemerintah Pusat.

Kementrian Desa memberikan 4 prioritas pemanfaatan Dana Desa dan yang menjadi prioritas utama adalah pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Tujuan dari pembentukan BUMDes ini adalah agar dapat mengangkat perekonomian Desa dan mengurangi angka pengangguran. Melalui BUMDes, diharapkan Desa bisa mengangkat berbagai potensi yang ada di desa dan meningkatkan PADes (Pendapatan Asli Desa). Akan tetapi, pembentukan BUMDes ini tidak boleh sampai mematikan usaha masyarakat, tapi justru bisa mendukung usaha masyarakat yang tengah dijalankan.

Setelah sosialisasi ini, ada beberapa tahap lanjutan yang perlu dilakukan guna membentuk BUMDes, yakni pembentukan Tim Perumus, Penyerahan Hasil Kajian, Pembahasan Hasil Kajian, serta Musyawarah Desa Pembentukan BUMDes.

Desa Gilangharjo sendiri sudah memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembentukan BUMDes ini. Selanjutnya, desa ini perlu melanjutkan kerja dan secara serius membangun BUMDes agar dapat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.  

Komentar atas Sosialisasi Pembentukan BUMDes Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas