Kunjungan Industri SMK N 1 Kawali Melihat Bengkel Pembuatan Gamelan Omah Nglaras

Ndaru Admin Web 05 Juni 2023 19:51:15 WIB

Gilangharjo (19/5) Siswa Siswi SMK N 1 Kawali Ciamis Jurusan Seni Karawitan Sunda yang berjumlah kurang lebih 25 orang mengunjungi Bengkel Gamelan Omah Nglaras Kadek Sunti Gilangharjo dalam kegitan Kunjungan Industri Gamelan sesuai kompetensi keahlian siswa siswi tersebut. Dalam kunjungannya seluruh siswa siswi di perlihatkan metode pembuatan gamelan karawitan gaya yogyakarta dan solo berbahan besi plat maupun baja, yang secara mendasar mempunyai beberapa perbedaan dengan karawitan gaya sunda, ini merupakan pengalaman baru bagi siswa siswa untuk mengenal lebih dalam mengenai gamelan karawitan gaya yogyakarta dan solo.

Metode pembuatan gamelan tersebut dipresentasikan oleh Giyanta selaku pemilik Bengkel Gamelan Omah Nglaras, mulai dari pemilihan bahan, pengukuran, pemotongan, pembakaran, pembentukan, penentuan nada, dan terakhir finishing.

Tentunya seluruh proses dari awal hingga akhir memerlukan keahilan khusus dan jam terbang yang tinggi.
Pada akhir sesi, Giyanta menyampaikan, "kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi sebagai pemilik Bengkel Gamelan dan juga sebagai warga Gilangharjo dapat menerima dan melayani kunjungan dari luar daerah untuk belajar kesenian dan kebudayaan lokal gilangharjo maupun yogyakarta".

Giyanta berharap kedepan Gilangharjo dikenal sebagai wadah kesenian dan kebudayaan sehingga berkunjung ke Gilangharjo menjadi sebuah pengalaman dan ilmu yang sangat berharga.

Komentar atas Kunjungan Industri SMK N 1 Kawali Melihat Bengkel Pembuatan Gamelan Omah Nglaras

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas