Sebentar Lagi Gilangharjo punya Empu Keris yang Cukup Banyak

Ndaru Admin Web 05 Juni 2023 20:01:12 WIB

Gilangharjo (19/5) Pemerintah Kalurahan Gilangharjo bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Bantul menyelenggarakan pelatihan pembuatan keris menggunakan alokasi Dana Keistimewaan, pelatihan pembuatan keris diadakan dalam dua sesi, yang pada sesi pertama merupakan sesi sosialisasi dan pemaparan teori yang dilaksanakan di kediaman Bapak Sarjono Karangasem RT 2, dan dihadiri oleh Lurah Gilangharjo Drs. H. Pardiyono dan Jajaran Pamong, Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, serta Empu dan Panjak pembuat alat pertanian yang nantinya diharapkan bisa dan mampu membuat karya dalam bentuk keris.

Dalam pelatihan ini Pemerintah Kalurahan Gilangharjo mendatangkan parktisi dan pengrajin warangka keris, Sarjiman, dari Karangtengah Imogiri. Ia menjelaskan berbagai jenis keris, pamor, warangka, brojol, dapur, dan lain lain, serta dijelaskan pula mengenai proses dan tahapan pembuatan keris, dari penyusunan bahan besi, nikel, panjer, teknik membakar, teknik menempa, pentuan tangguh, gagrak, luk, dan masih banyak lagi.

Pardiyono menyampaikan harapan besarnya dalam beberapa tahun kedepan, besalen jodog-karangasem dapat memunculkan Mahakarya Keris dari Empu Lokal yang mempunyai ciri khas khusus dan khas Gilangharjo, keyakinan beliau dalam hal karya seni bukan tanpa alasan karena di Gilangharjo sendiri banyak seniman yang menggeluti dunia seni pertunjukan, dhalang, ketoprak, teater, karawitan, maupun seni murni, pelukis, tatah sungging wayang, dan empu besalen.

Komentar atas Sebentar Lagi Gilangharjo punya Empu Keris yang Cukup Banyak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas