Pendataan IKS Oleh Kader Kesehatan Gilangharjo agar Program Pemerintah Tersalurkan Pada Orang yang T

Ndaru Admin Web 05 Juni 2023 20:13:05 WIB

Gilangharjo (22/5) Indeks Keluarga Sehat (IKS) adalah perhitungan kedua belas indikator keluarga sehat dari setiap keluarga yang besarnya berkisar antara 0 sampai dengan 1. Keluarga yang tergolong dalam keluarga sehat adalah keluarga dengan IKS > 0,8, pendataan tersebut melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) guna menggali faktor resiko terjadinya penyakit dalam suatu keluarga dan menilai status kesehatan keluarga, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk Indeks Keluarga Sehat (IKS).

Kader IKS yang diketuai oleh Rr. Indah Wahyuningsih, bersama Kamituwa Gilangharjo, Basuki, A.Md dan Staf menlaksanakan koordinasi untuk menjalankan program pendataan. Koordinasi yang dilangsungkan di Ruang Rapat Gilangharjo, ini menggunakan 12 indikator antara lain, Keluarga mengikuti program KB (Keluarga Berencana), Persalinan Ibu di fasilitas pelayanan kesehatan, Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap, Bayi mendapatkan ASI eksklusif, Pertumbuhan balita dipantau, dan lainnya. Forum koordinasi menyisir dan menginput dalam DTKS guna menjadikan data terpadu untuk acuan program pemerintah lainnya.

Dengan penyisiran langsung dari bawah ini diharapkan bantuan sosial maupun Program Pemerintah yang lainnya dapat diterima oleh warga masyarakat dengan tepat sasaran.

Komentar atas Pendataan IKS Oleh Kader Kesehatan Gilangharjo agar Program Pemerintah Tersalurkan Pada Orang yang T

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas