Ngayogjazz di Petilasan Selo Gilang

21 Mei 2018 14:54:35 WIB

Ngayogjazz di Petilasan Selo Gilang

 

Ngayogjazz yang merupakan festival musik jazz tahunan Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh para seniman dan komunitas musik jazz lokal Yogyakarta sejak 2007. Pada tahun ini Ngayogjazz akan menjalin kerja sama dengan pemerintah desa budaya berkaitan dengan seni dan budaya menggelar pertunjukan jazz yang dipadukan dengan kesenian lokal. Pada hari Minggu, 20 Mei  2018, panitia Ngayogya jazz yang dipimpin oleh Bapak Jadug Feriyanto melakukan kunjungan yang kedua untuk berkoordinasi dengan pemerintah desa Gilangharjo yang diwakili oleh Ketua Desa Budaya Bapak Supriyanto, SE.

Pada pertemuan tersebut dihadiri oleh 12 personil Ngayogjazz, ketua desa budaya, juru kunci situs Selo Gilang, kepala dusun dan warga yang diadakan di area petilasan Selo Gilang. Konsep Ngayogya jazz selaras dengan filosofi sejarah cikal bakal dari peradaban Mataram yang melandasi latar belakang konsep pertunjukkan pada tahun 2018. Maka terpilihlah area situs selo gilang sebagai saksi sebagai lokasi festival.

Pusat festival direncanakan akan diselenggarakan di 7 titik area situs dengan pola melingkar. Pembukaan festival akan diawali dengan pertunjukkan kesenian lokal dan dilanjutkan dengan fsetival jazz serentak di 7 titik sampai dengan pukul 00.00. Selainn menampilkan pertunjukkan kesenian, akan menghadirkan kuliner dan kerajinan unggulan desa budaya Gilangharjo. Kepanitian yang dibentuk kolaborasi anatar panitia Ngayogjazz, karangtaruna dan masyarakat setempat.

Penulis

Pendamping seni Budaya 2018

Komentar atas Ngayogjazz di Petilasan Selo Gilang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas