Integrated Farming : Manajemen Kesehatan Ternak

Ndaru Admin Web 05 Juni 2023 20:40:08 WIB

Gilangharjo (29/5) Manajemen kesehatan ternak merupakan materi lanjutan dalam lingkup pertanian terpadu, marjono selaku narasumber sekaligus praktisi profesional memaparkan beberapa persoalan terkait kesehatan ternak untuk pencegahan, meminimalisir penularan penyakit, pengobatan, salah satunya dengan biosecurity.

Biosecurity adalah memaksimalkan kebersihan kandang dan lingkungan dengan cara pemakaian desinfektan pada kandang, membatasi mobilitas akses keluar masuk kandang dengan desinfeksi, membakar dan atau mengubur bangkai ternak, kandang karantina untuk ternak sakit, pemisahan jenis ternak. Manajemen tersebut dapat menekan angka tertularnya penyakit pada hewan ternak bahkan dapat menurunkan angka kematian ternak.

Manajemen kesehatan ternak ini merupakan salah satu metode yang sangat diperlukan bagi peternak dalam skala kecil sampai besar, karena salah satu kesuksesan agribisnis ternak adalah penerapan manajemen kesehatan yang baik, diharapkan manajemen kesehatan tersebut wajib diterapkan oleh peternak di Gilangharjo agar kemandirian pangan dari sektor peternakan dapat diraih dari elemen terbawah.

Komentar atas Integrated Farming : Manajemen Kesehatan Ternak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas