Layanan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk : Kekerasan Berba

Ndaru Admin Web 02 Juli 2023 11:58:16 WIB

Gilangharjo (16/6) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3APP) DIY menggelar sosialisasi terkait pelayanan, kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Gilangharjo, dihadiri Lurah Gilangharjo, Drs. H. Pardiyono, Jajaran Pamong, dan Pengurus serta Anggota TPPKK Gilangharjo.

Layanan antara lain pengaduan, pendampingan, konsultasi, dan lainnya. Banyaknya tingkat kekerasan pada perempuan dan anak, DP3APP menyampaikan beberapa kategori kekerasan, salah satu diantaranya adalah Kekerasan Berbasis Gender Online (KGBO).

KGBO (Kekerasan Berbasis Gender Online) Merupakan kekerasan berbasis Gender yang di fasilitasi oleh teknologi dan internet dengan maksud melecehkan korban berdasarkan gender atau seksualitas tertentu. Disebabkan adanya ketidakadilan gender dan penyalahgunaan kewenangan akibat relasi kuasa yang tidak seimbang karena konstruksi gender yang tidak setara di masyarakat. Bentuk Kekerasan Berbasis Gender meliputi, kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan eksploitasi.

Dampak dari terjadinya KGBO ini begitu memprihatinkan antara lain, kekerasan psikologis, keterasingan sosial, kerugian ekonomi, sensor diri, dan kehilangan kebebasan. Maka dari itu DP3APP memberikan tips agar terhindar dari KGBO, yaitu bijak dalam menggunakan sosial media, dan melindungi data pribadi di Dunia Maya, hindari berbagi lokasi online, pilah dan pilih dalam mengkonfirmasi akun untuk dijadikan teman, dan menjaga kerahasiaan pin maupun password. Karena apa yang kita bagikan di Dunia Maya akan meninggalkan jejak digital selamanya.

Komentar atas Layanan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk : Kekerasan Berba

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas