Pelatihan Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Bantul : Bank Sampah

Ndaru Admin Web 02 Juli 2023 12:08:47 WIB

Gilangharjo (20/6) Program Bank Sampah adalah suatu strategi penerapan dalam pengelolaan sampah ditingkat masyarakat, dengan menyamakan kedudukan sampah serupa dengan uang atau barang yang berharga yang dapat ditabung. Masyarakat dididik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilai sehingga mereka mau memilah sampah.

Dihadapan peserta pelatihan di Ruang Rapat Gilangharjo, Esa Putri Purwandari, selaku narasumber menyampaikan Bank Sampah mengubah sudut pandang Masyarakat bahwa sampah mengandung potensi ekonomi (economic opportunity) kerakyatan. Selain manfaat ekonomi, bank sampah juga mengurangi jumlah sampah di lingkungan masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan memupuk kesadaran diri masyarakat akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup.

Esa mengharap program bank sampah dapat menjadi salah satu referensi warga Gilangharjo dalam mengatasi permasalahan sampah di tingkat padukuhan, sehingga selain dapat mengurangi jumlah sampah, warga juga bisa mendapatkan tambahan pemasukan dari bank sampah tersebut. Sekecil apa pun yang kita lakukan untuk bumi ini, pasti akan berdampak besar bagi kelangsungan bumi itu sendiri.

Komentar atas Pelatihan Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Bantul : Bank Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas