Pelatihan Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Bantul : Pengelolaan Sampah Organik

Ndaru Admin Web 02 Juli 2023 12:09:28 WIB

Gilangharjo (21/6) Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang bisa diurai menjadi karbon dioksida, air atau molekul yang lebih kecil melalui proses dekomposisi atau proses lainnya yang serupa. Sampah jenis ini termasuk sisa-sisa makanan atau bahan dapur dan sisa-sisa tanaman. Meskipun dapat terurai, sampah organik perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan polusi udara maupun sumber penyakit.

Dihadapan peserta pelatihan di Ruang Rapat Gilangharjo, Neni Widuri Lestari, selaku narasumber menyampaikan, bahwa sampah organik yang dikelola dengan baik dapat mendatangkan keuntungan ekonomis bagi manusia, seperti kotoran hewan yang dapat diolah menjadi kompos dan biogas, sampah daun dapat menjadi pupuk, sampah sisa makanan juga dapat dijadikan menjadi pupuk ataupun pakan ternak.

Pengelolaan sampah organik sangat menyenangkan dan dapat berdampak langsung pada masyarakat karena dapat fungsikan secara langsung. Ilmu pengelolaan sampah diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi sampah di lingkungan masing-masing dan hasil proses pengelolaan sampah organik dapat digunakan secara langsung oleh warga di masing-masing lingkungan.

Komentar atas Pelatihan Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Bantul : Pengelolaan Sampah Organik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas