Evaluasi Pembuatan Keris Besalen Jodog Karangasem

Ndaru Admin Web 04 Juli 2023 18:57:54 WIB

Gilangharjo (23/6) Besalen Keris Jodog Karangsem yang belum lama ini mendapatkan pelatihan teori dan praktek pembuatan keris melakukan rapat evaluasi hasil pembuatan keris yang dilaksanakan di Pendapa Pangrawiting Aji, Kediaman Lurah Gilangharjo, Drs. H. Pardiyono, Jodog RT 4, Gilangharjo. Pada pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., MM., Jajaran Pamong, dan Empu Pande Jodog Karangasem.

Sarjiman, selaku mentor pembuatan keris mengevaluasi dua keris yang sudah masuk tahap finishing tersebut. Evaluasi dari segi bentuk, pamor, dan kerapian. Ia juga memberi nama pada salah satu keris tersebut dengan nama Kyai Nespadji Wiguno, dan salah satu lainnya diusulkan nama oleh Lurah nantinya.

Atas evaluasi tersebut menorehkan hasil yang membanggakan melihat progres hasil karya dari Empu-Empu Jodog Karangsem, kedepan Pemerintah Kalurahan Gilangharjo akan bekerja sama dengan instansi terkati untuk memberi dukungan atas keberlangsungan besalen keris di Gilangharjo dengan menggelar pemeran keris dengan skala daerah maupun nasional. Diharapkan langkah tersebut dapat memberikan semangat dan gairah baru untuk Empu di Gilangharjo.

Komentar atas Evaluasi Pembuatan Keris Besalen Jodog Karangasem

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas