Tari Reog Keprajuritan Sandya Dirandra

Ndaru Admin Web 04 Juli 2023 19:08:01 WIB

Gilangharjo (26/6) Tari Reog Keprajurtian Sandra Dirandra adalah Tari yang ditampilkan Kalurahan Mandiri Budaya Gilangharjo pada pentas selasa wagen bulan juni ini. Sandya Dirandra, Sandya dalam bahasa sanskerta berarti persatuan dan Dirandra sendiri bermakna keberanian.

Tari ini berkisah tentang prajurit wanita dibawah kepemimpinan Nyai Adisoro dan mengambil latar belakang sejarah di Kerajaan Mataram Islam dan lokalitas historisnya terletak di Padukuhan Kadisoro Kalurahan Gilangharjo.

Nyai Kadisoro terlihat lemah lembut dan anggun, namun ia memiliki kekuatan kanuragan linuwih yang luar biasa untuk melindungi diri dan juga melindungi Pembayun. Ia merupakan telik sandi yang hebat yang dimiliki oleh Kerajaan Mataram Islam. Nyai Adisoro memimpin sebuah barisan prajurit wanita yang menyamar menjadi pelayan Pembayun, mereka adalah prajurit terselubung yang melaksanakan kegiatan rutin gladen kanuragan sebagai bekal berperang dan melindungi Nyai Pembayun.

Kalurahan Budaya Gilangharjo mengangkat kisah ini dan mengemasnya dalam pertunjukan Reog Keprajuritan yang menggambarkan keberanian, kekuatan, dan kesetiaan Nyai Kadisoro beserta barisan prajurit wanita yang dipimpinnya. Menjadi sebuah kebanggan pada Gilangharjo tentang sejarah dan leluhur yang ada di Kalurahan Gilangharjo.

Komentar atas Tari Reog Keprajuritan Sandya Dirandra

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas