Field Trip Taruna Tani : Usaha Pisang Cavendish

Ndaru Admin Web 31 Juli 2023 20:37:26 WIB

Godean (10/7) Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Pisang Cavendish banyak dikembang biakan menggunakan metode kultur jaringan. Salah satunya Nur Huda, petani milenial asal pajangan yang mempunyai perkebunan pisang cavendish seluas kurang lebih 3.000 m² di Sidomoyo, Godean, Sleman.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul mengajak Perwakilan taruna tani dari 17 Kapanewon di Bantul, termasuk dari Gilangharjo, Pandak, untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan Nur Huda, petani milenial tersebut.

Ia menyampaikan, pisang cavendish merupakan salah satu primadona pisang sehingga permintaan dari konsumen masih selalu tinggi dan harga yang cenderung stabil, terlebih petani yang memiliki lebih dari 1000 pohon dapat bekerja sama dengan suplayer luar daerah untuk mengirimkan pisang ke luar daerah. Kesimpulan yang didapatkan bahwa pisang cavendish dengan segala naik turunnya masih menjadi primadona dengan banyak peminat serta harga yang stabil sehingga petani tidak perlu khawatir dengan naik turunnya harga yang diluar kendali.

Komentar atas Field Trip Taruna Tani : Usaha Pisang Cavendish

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas