Field Trip : Usaha Peternakan Joper Hingga Penetasan Mandiri

Ndaru Admin Web 31 Juli 2023 20:39:18 WIB

Pajangan (10/7) Ayam Joper atau Jowo Super (Sudah Persilangan), adalah jenis ayam kampung pedaging hasil persilangan dari ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina. Permintaan pasar dan masyarakat akan ayam joper untuk dikonsumsi juga semakin tinggi. Ayam joper memiliki masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa karena perbaikan genetik.

Berbeda dengan ayam yang lain, permintaan pasar akan ayam joper saat ini masih relatif tinggi, sehingga harga jualnya tetap terjaga dan stabil. Berapapun produksi ayam joper akan diserap oleh pasar dengan harga yang sangat menarik. Sehingga, secara ekonomi, prospek usaha ternak ayam joper sangat menjanjikandan memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan.

Sutardi, Peternak dan Produsen Breeding Joper di Pajangan dapat melihat potensi tersebut, hingga membuat pabrik untuk penetasan bibit Joper. Oleh karena itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul menggandeng Sutardi untuk berbagi pengalaman dan ilmunya kepada Perwakilan taruna tani se-Bantul.

Ia menuturkan, bahwa usaha perternakan dan pembibitan yang digeluti tidak terjadi secara instan, perlu waktu bertahun-tahun, banyak trial eror, dan uang yang terbuang, namun dengan tekad dan nekat, sutardi dapat bertahan hingga sekarang.

Hal itu ia sampaikan untuk memupuk semangat juang taruna tani dan petani milenial lainnya supaya tidak mudah menyerah, dan menyadari bahwa peternakan dan pertanian adalah usaha yang prospek dan menjanjikan.

Komentar atas Field Trip : Usaha Peternakan Joper Hingga Penetasan Mandiri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas