Bupati Bantul Ziarah Ke Makam Pendahulu Kabupaten Bantul Dalam Rangka Hari Jadi Bantul ke 193 Tahun

Ndaru Admin Web 31 Juli 2023 20:40:49 WIB

Gilangharjo (11/7) Pemerintah Kalurahan Gilangharjo mendampingi Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih melaksanakan ziarah leluhur dalam rangka persiapan hari jadi Bantul ke 193 Tahun. Makam yang dikunjungi kali ini merupakan makam Adipati Jayaningrat yang diyakini oleh masyarakat Bantul sebagai salah satu pemimpin pendahulu di Kabupaten Bantul.

Masyarakat meyakini bahwa Adipati Jayaningrat adalah orang yang memimpin Bantul sebelum Tumenggung Mangkunegara pada tahun 1831. Akan tetapi hal tersebut masih perlu dikaji lebih dalam terkait sejarah dan pondasi pertama dari Kabupaten Bantul. Kegiatan ziarah ini tentunya telah berlangsung dan menjadi tradisi yang terus dilestarikan dari generasi ke generasi, terutama saat 2 hari besar, yaitu saat Hari Jadi Kalurahan Gilangharjo, dan Hari Jadi Kabupaten Bantul.

Juru Kunci Makam Gunung Tambalan, Sura Setika, menyampaikan harapanya kepada pemangku kebijakan dari kalurahan, kapanewon, maupun kabupaten, dan dinas terkait dapat turut membantu melestarikan dan memulyakan makam tersebut karena merupakan leluhur pendiri dan pendahulu di kabupaten bantul.

Komentar atas Bupati Bantul Ziarah Ke Makam Pendahulu Kabupaten Bantul Dalam Rangka Hari Jadi Bantul ke 193 Tahun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas