Pembuatan Keris Perdana Empu Sarjono

Ndaru Admin Web 31 Juli 2023 20:42:34 WIB

Gilangharjo (11/7) Pemerintah Kalurahan Gilangharjo pada beberapa bulan terakhir gencar menggembleng pengrajin alat pertanian atau pande besi alat pertanian di Jodog Karangasem untuk memproduksi keris, tentunya dengan pelatihan, workshop, dan praktek pembuatan keris dari narasumber dan praktisi keris yang mumpuni.

Salah satu anggota dari komunitas pande besi Jodog Karangsem, Bapak Sarjono, setelah 2 kali berhasil membuat keris secara kelompok dengan panduan narasumber, kini membuat keris secara mandiri, atau sendiri tanpa panduan narasumber maupun praktisi.

Bapak Sarjono membuat keris dari bahan campuran nikel yang diambil dari knalpot motor lawas dan plat besi, dengan ukuran 5 centimeter x 20 centimeter, 18 lapis nikel dan besi, berat bersih 2 kilogram, bahan keris tersebut akan dibuat dengan 576 lipatan, agar mendapatkan kualitas kepadatan dan pamor yang kuat dan halus. Ia menambahkan harapan kedepan jodog karangasem bisa menjadi salah satu sentra pembuatan keris yang menjadi rujukan kolektor keris lokal maupun luar daerah.

Komentar atas Pembuatan Keris Perdana Empu Sarjono

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas