Persiapan Partisipasi Festival Layang-Layang Bantul

Ndaru Admin Web 31 Juli 2023 20:57:27 WIB

Gilangharjo (14/7) Pendamping Budaya Kalurahan Gilangharjo, Andi Setio Putro, S.Pd., yang juga merupakan praktisi dan pegiat seni rupa mengajak beberapa pecinta layang-layang gilangharjo untuk ikut berpartisipasi dalam festival layang-layang yang diselenggarakan di Pantai Parangtritis hari minggu mendatang. Andi memperagakan perakitan layang-layang gaya bali yang biasa disebut layangan celepuk di lapak Taman Kuliner Gilangharjo.

Layangan celepuk mempunyai ciri khusus yaitu berukuran 1 meter - 3 meter lebih dan berlukiskan karakter, pada umumnya layangan celepuk bergambar karakter hewan, seperti burung, anjing, kucing, dan lain lain.
Andi mengajak kawula muda untuk tetap mencintai permainan tradisional ini, "banyak unsur pemikiran yang tertuang didalamnya, yakni, perhitungan tali goci yang harus diukur secara tepat dan presisi, perhitungan rangka agar proporsional dan aerodinamis, dan finishing gambar yang terlihat realistis.

Pemikiran tersebut yang nanti akan diasah untuk lebih peka terhadap karakter layangan dan karakter alam (angin), yang juga bertujuan untuk membuat kita bersyukur atas pendahulu yang membuat permainan layangan ini, tidak mahal namun penuh filosofis". Pungkasnya.

Komentar atas Persiapan Partisipasi Festival Layang-Layang Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas