Menulis dan Membaca Aksara Jawa dengan wow…. Di Jaman Now…

14 Juli 2018 16:19:48 WIB

Kegiatan pawiyatan Jawa yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan DIY, rutin dilaksanakan pada hari Jumat dan Minggu, di Pendhapa Pangrawiting Aji, Dusun Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Meski kegiatan diliburkan selama bulan Ramadhan, tetapi tdk mengurangi antusias dan semangat para siswa untuk melanjutkan pembelajaran. Jum’at, 13 Juli 2018, latihan perdana setelah libur selama satu bulan lebih. Kids jaman now, tetap menjunjung dan melestarikan budaya yang adi luhung. Eksistensi tersebut  berkat dukungan pemerintah desa dan pihak-pihak terkait.

Jaman now, tidak banyak anak-anak yang mampu menulis dan membaca aksara Jawa, tidak mudah dan tidak sulit untuk mempelajarinya. Ibu Suyati selaku instruktur pawiyatan menggunakan metode yang fun, sehingga para peserta dapat mengikuti pawiyatan dengan senang dan tercapai indikator pembelajaran. Materi pada malam tersebut berkaitan dengan sandangan Wyanjana. Sandangan Wyanjana sebagai pengganti huruf re, ra dan ya ketika berdiri sebagai pasangan atau ra yang melekat pada huruf yang lain. Indikatornya, para peserta mampu membaca dan menulis tulisan beraksara Jawa yang dibubui dengan sandangan Wyanjana. “Kunci agar dapat meulis aksara Jawa dengan benar, harus menguasai banyak kosa kata dan diterapkan pada kalimat” Ibu Suyati yang memberikan tip jitu kepada para peserta.

Peserta yang terdiri dari siswa SD dan SMP sejumlah 30, lebih dari 75 % peserta mampu menulis dan membaca aksara Jawa dengan benar tanpa melihat catatan. Prestasi tersebut menjadi kebanggaan pemerintah desa Gilangharjo dan Dinas Kebudayaan sebagai tolak ukur suksesnya program pawiyatan. Ilmu dan penanaman karakter yang telah diterapkan kepada siswa diharapkan mampu untuk direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian akan tercipta generasi yang berbudaya.

-Tim Pendamping Desa Gilangharjo-

 

Komentar atas Menulis dan Membaca Aksara Jawa dengan wow…. Di Jaman Now…

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas