Gejok Lesung “Sedyo Rukun” bersiap partisipasi Festival Gejok Lesung

14 Juli 2018 16:21:37 WIB

Para kaum ibu ditengah kesibukan rutinitas pekerjaan  di rumah, masih menyisakan waktu untuk berkesenian. Para ibu yang lanjut usia dikolaborasi dengan ibu muda sangat harmonis dalam menabuh lesung menjadi instrument yang dinamis. Tak jarang disisipi candaan humoris untuk sekedar melepaskan rasa lelah dan memacu semangat. Para ibu yang tergabung pada kelompok seni gejok lesung “Sedyo Rukun”.

Kelompok seni “Sedyo Rukun” berada di bawah naungan sanggar “Gilang Krida Budaya”. Sanggar beranggotakan karang taruna yang kreatif dan berdidikasi dalam berkesenian, berperan sebagai manajemen “Sedyo Rukun” . Sanggar yang terletak di Dusun Jomboran, Gilangharjo, Pandak Bantul melaksanakan latihan rutin untuk mengoptimalkan pertunjukkan. Pada latihan Jum’at, 13 Juli 2018 didukung oleh karang taruna yang terlibat dalam managerial, memberikan semangat dan membatu mempersiapan segala kebutuhan latihan. 

Agenda terdekat kelompok “Sedyo Rukun” akan berpartisipasi pada acara Festival Gejok Lesung di Ngoto, Sewon, Bantul  pada tanggal 21 Juli 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Bantul. Suatu prestasi bagi sanggar, dipilih untuk bergabung pada event tersebut. Tidak hanya itu, gejok lesung “Sedyo Rukun” juga dipercaya Pemerintah Desa Gilangharjo untuk tampil pada acara Hari anak Nasional yang akan diselenggarakan di pelataran Balai Desa Gilangharjo, 29 Juli 2018.  Pada agenda tersebut akan menyuguhkan 5 tembang yang diantaranya; Bantul Projotamansari, Gugur Gunung, Lesung Jumengglung dan Gethuk.

-Tim Pendamping Desa Budaya Gilangharjo-

Komentar atas Gejok Lesung “Sedyo Rukun” bersiap partisipasi Festival Gejok Lesung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas