Rionaldo Hergiera, Pelatih Reog Anak yang Selalu Dinanti di Banjarwaru

16 Juli 2018 08:42:56 WIB

Rionaldo Hergiera (23) pendamping Desa Gilangharjo yang multitalenta. Sosoknya yang khas dengan pencitraan seniman, identik dengan rambut gondrong dan celana kucel. Sepintas seperti sosok “sangar” di pandangan mata anak-anak.  Tidak demikian bagi anak-anak Banjarwaru, Mas Rio (panggilan akrab) merupakan sosok pelatih yang humoris, sabar dan multitalenta. Pengalaman, jam terbang dan karyanya telah  berkiprah di dalam dan luar negeri. Tidak heran, jika anak-anak Banjarwaru selalu menanti kehadirannya untuk melatih menari.

Minggu, 15 juli 2018, bertempat di rumah Bapak Agus Subekti, ramai dengan anak-anak yang berantusias untuk mengikuti latihan menari. Para anak tersebut tergabung dalam kelompok seni “Banjar Budaya”, beranggotakan 30 anak. Materi pembelajaran difokuskan pada gerakan dasar joged gagah untuk tari. Metode pembelajaran yang diterapkan dengan memberikan contoh gerakan, kemudian peserta mengikuti gerakan tersebut. Secara bergilir, Rio membenarkan gerakan anak yang belum benar. Metode yang fun yang diterapkannya membuat anak lebih mudah menerima materi.

Kelompok seni “Banjar Budaya” yang beranggotakan anak-anak akan menampilkan karyanya pada tanggal 29 juli 2018 di panggung terbuka Balai Desa Gilangharjo dalam rangka menyambut hari anak Nasional. Acara tersebut terlaksana berkat kerjasama pemerintah Desa Gilangharjo dan Dinas Kebudayaan DIY. “Banjar Budaya” juga telah turut berpartisipasi pada kegiatan desa, khususnya agenda tahunan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

-Tim Pendamping Desa Budaya Gilangharjo-

Komentar atas Rionaldo Hergiera, Pelatih Reog Anak yang Selalu Dinanti di Banjarwaru

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License