Peninjauan Tim Kontrol Yogyakarta Gamelan Festival 2023

Ndaru Admin Web 07 September 2023 09:03:31 WIB

Gilangharjo (12/8) Dinas Kebudayaan Provinsi DI.Yogyakarta mengirimkan Tim Peninjau Kontrol kualitas peserta partisipan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) 2023. Tim Peninjau terdiri dari Perwakilan Disbud Provinsi, Praktisi Gamelan dari Komunitas Gayam16, dan Panita YGF.

Tim Peninjau mengunjungi seluruh peserta YGF 2023 se-Yogyakarta yang berjumlah 28 Kelompok, salah satunya Kalurahan Gilangharjo. Kelompok Karawitan Gilangharjo mempresentasikan 2 Gending di depan Tim Peninjau yang dilaksanakan di Aula Gilangharjo.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Lurah Gilangharjo, Drs. H. Pardiyono, Perwakilan Pengurus Kalurahan Budaya, dan Pendamping Budaya Gilangharjo.

Sudaryanto, selaku koordinator Tim Peninjau menyampaikan, "tinjauan ini bukan semata melihat baik buruknya tabuhan peserta, namun untuk menselaraskan garap gending agar nantinya dari 28 kelompok dapat kompak dan selaras dengan satu garap gending yang sama, karena begitu sulit menselaraskan garap gending yang ditabuh serentak oleh 28 kelompok dengan kurang lebih 500 wiyaga. Maka dari itu kami menugaskan Tim Peninjau untuk membatasi garap agar selaras dalam keindahan harmoni gaung gamelan". Pungkasnya

Komentar atas Peninjauan Tim Kontrol Yogyakarta Gamelan Festival 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas