Upacara adat Siraman Gilang Lipuro milik Gilangharjo Meraih Juara Satu dalam Festival Upacara Adat

23 Juli 2018 14:46:57 WIB

Festival upacara adat 2018 digelar pada hari Minggu, 22 Juli 2018, bertempat di  Alun-alun Wates. Acara tersebut merupakan program Dinas Kebudayaaan DIY dalam rangka melestarikan nilai adat tradisi, khususnya prosesi upacara adat. Festival diikuti oleh 5 kabupaten/ kota meliputi Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, Sleman dan Kulon Progo. Masing-masing kabupaten/ kota menampilkan tradisi unggulannya sesuai dengan potensi seni budaya di wilayah.

Kontingen Kota menampilkan upacara adat Bakdo Kupaten, Sleman menampilkan upacara adat Wiwit Agung. Kulon Progo menampilkan upacara adat kembul Sewu Dulur dan GuyangJaran. Kontingen Gunung Kidul menampilkan upacara adat Watu Manten, sedangkan kontingen Bantul menampilkan  upacara adat Siraman Gilang Lipuro.

Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Desa Budaya Gilangharjo, konsep upacara terinspirasi dari tempat bertapanya Danang Sutawijaya yang mendapatkan wahyu Mataram di kawasan Gilang Lipuro. Pada pagelaran tersebut, Bantul meraih juara satu. Prestasi yang membanggakan khususnya untuk Desa Gilangharjo dan masyarakat kabupaten Bantul pada umumnya.

Festival upacara adat yang digelar provinsi ini sarat makna, tuntunan dan filosofi untuk selalu dilestarikan dan dikembangkan guna membentuk masyarakat yang berkarakter dan berbudaya. Sebuah tantangan yang tidak mudah untuk dapat mewariskan filosofi dari tradisi dan budaya kepada generasi muda. Keterlibatan generasi muda dalam kegiatan seni budaya, merupakan langkah awal yang dapat ditempuh untuk membangkitkan kecintaan dan kepedulian terhadap warisan budaya yang adi luhung.

Penulis Tim Pendamping Budaya

Komentar atas Upacara adat Siraman Gilang Lipuro milik Gilangharjo Meraih Juara Satu dalam Festival Upacara Adat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas