Drama Tari Gumregah Ambangun Karya Gilangharjo Meriahkan Gelar Potensi Budaya 2023

Ndaru Admin Web 27 Oktober 2023 11:24:29 WIB

Mulyodadi, Selasa 19 September 2023
Kalurahan Mandiri Budaya Gilangharjo ikut semarakkan Gelar Potensi Budaya (GelPo) 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dan diikuti oleh 22 Kalurahan dan Kelurahan se-Bantul dan Kota Yogyakarta di Lapangan Kalurahan Mulyodadi, Bambanglipuro.

Pada Gelpo tahun ini dengan tema Gumregah Tumandhang Gawe juga menjadi tema pertunjukan dengan mengeluarkan potensi adat tradisi lokal.
Gilangharjo mempertunjukkan Drama tari dengan judul cerita Gumregah Ambangun Karya yang menceritakan tentang kegotongroyongan warga masyarakat Gilangharjo dalam mempersiapkan upacara adat midhang.
Midhang sendiri merupakan tradisi warga sekitar kompleks makam kyai ewer yang berada di Kauman RT 3, yang bertujuan melaksanakan nadzar yang telah diucapkan dalam menggapai keinginan atau cita-cita.

Sebagai rasa syukur atas keinginan atau cita-cita yang terkabul, warga menggelar syukuran yang bernama midhang, mengundang seluruh warga sekitar dan mementaskan kesenian rakyat yang berupa reog atau jathilan.

Dengan mengangkat adat tradisi midhang diharapkan dapat memantik kembali budaya tersebut di lingkungan sekitar makam kyai ewer untuk menghidupkan kembali tradisi tersebut.

Komentar atas Drama Tari Gumregah Ambangun Karya Gilangharjo Meriahkan Gelar Potensi Budaya 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas