Wisatawan Asing Kunjungi Sentra Pembuatan Gamelan Gilangharjo

Ndaru Admin Web 27 Oktober 2023 11:34:28 WIB

Gilangharjo, Sabtu 23 September 2023
Wisatawan mancanegara yang berjumlah sekitar 10 orang mengunjungi Bengkel Gamelan Omah Nglaras Kadek Sunti Gilangharjo dalam kegitan Kunjungan Industri Gamelan sebagai salah satu desatinasi wisata di Gilangharjo.

Dalam kunjungannya seluruh wisatawan di perlihatkan metode pembuatan gamelan karawitan gaya yogyakarta dan solo berbahan besi plat maupun baja, yang secara mendasar mempunyai beberapa perbedaan dengan alat musik lainnya, ini merupakan pengalaman baru bagi wisatawan untuk mengenal lebih dalam mengenai gamelan karawitan gaya yogyakarta dan solo.

Metode pembuatan gamelan tersebut dipresentasikan oleh Giyanta selaku pemilik Bengkel Gamelan Omah Nglaras, mulai dari pemilihan bahan, pengukuran, pemotongan, pembakaran, pembentukan, penentuan nada, dan terakhir finishing. Tentunya seluruh proses dari awal hingga akhir memerlukan keahilan khusus dan jam terbang yang tinggi.

Pada akhir sesi, Giyanta menyampaikan, "kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi sebagai pemilik Bengkel Gamelan dan juga sebagai warga Gilangharjo dapat menerima dan melayani kunjungan dari luar daerah maupun luar negeri untuk belajar kesenian dan kebudayaan lokal gilangharjo maupun yogyakarta".
Giyanta berharap kedepan Gilangharjo dikenal sebagai wadah kesenian dan kebudayaan sehingga berkunjung ke Gilangharjo menjadi sebuah pengalaman dan ilmu yang sangat berharga.

Komentar atas Wisatawan Asing Kunjungi Sentra Pembuatan Gamelan Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas