Upacara Adat Tradisi Wiwitan Bulak Tani Harjo Karanggede Gilangharjo

13 Agustus 2018 11:51:45 WIB

Melestarikan adat tradisi dan kebudayaan merupakan hal penting yang harus kita lakukan. Mengingat kebudayaan adalah jati diri bangsa yang tidak boleh kita lupakan meski perkembangan zaman sudah semakin maju. Hal ini sangat disadari oleh warga masyarakat Gilangharjo. Terbukti dengan masih banyaknya tradisi budaya yang dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Salah satunya adalah Upacara Adat Tradisi Wiwitan.

Desa Gilangharjo melaksanakan upacara adat wiwitan ini di Bulak Tani Harjo, Dusun Karanggede Gilangharjo pada hari Minggu (12/07/2018). Dengan semangat dan apresiasi yang tinggi, seluruh warga Dusun Karanggede ikut berpartisipasi dalam mempersiapkan acara yang turut juga mengundang Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dan Dinas Kebudayaan Yogyakarta ini. Jajaran Pemerintahan Desa Gilangharjo juga ikut mendukung persiapan hingga puncak acara. Untuk memeriahkan acara, berbagai atraksi kesenian ditampilkan, yakni seni musik tradisional Jegog Lesung, Karawitan Kontemporer, dan juga Sendra Tari Dewi Sri.          

Upacara adat tradisi wiwitan merupakan upacara adat yang dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa karena telah dikaruniai lahan yang subur sehingga menghasilkan panen yang melimpah. Upacara ini biasanya dilakukan sebelum dimulainya panen dengan melakukan prosesi pemotongan padi pertama. Para petani dalam tradisi ini membawa berbagai makanan tradisional untuk dinikmati bersama di area persawahan tempat dilaksanakannya upacara wiwitan.  

Dalam sambutannya Drs.H. Suharsono menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas usaha Desa Gilangharjo dalam melestarikan budaya dan tradisi. Terlebih dengan usaha warga desa Gilangharjo yang tetap berusaha menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam padi organik dan mulai melaksanakan pengelolaan sampah dengan benar. Di akhir sambutannya, beliau juga meresmikan Bulak Tani Harjo ini sebagai Rintisan Lumbung Kampung Mataraman Desa Gilangharjo. 

Dengan diadakannya upacara adat tradisi wiwitan ini, diharapkan warga masyarakat tetap bisa menjaga kelestarian budaya dan lingkungan Desa Gilangharjo. Selain itu, diharapkan pula Desa Gilangharjo bisa semakin maju dengan hasil panen yang terus melimpah di setiap lahan pertaniannya.   

 

 

Komentar atas Upacara Adat Tradisi Wiwitan Bulak Tani Harjo Karanggede Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License