Sendratatri Dewi Sri dengan Properti Artistik dalam Acara Wiwitan Rintisan Lumbung Kampung Mataraman

13 Agustus 2018 14:45:13 WIB

Dewi Sri merupakan nama yang tidak asing ketika dikaitkan dengan tradisi Wiwitan. Pada pelaksaan upacara adat Wiwitan, karang taruna menyuguhkan Sendratari Dewi Sri. Para pemain dan pengrawitnya adalah para putra putri Gilangharjo yang masih muda dan memiliki keterampilan yang kompeten. Sendaratri Dewi Sri merupakan karya Rionaldo Hergiera, setelah sebelumnya sukses dengan membuat koreografi “Wahyu Tumuruning Mataram”.

Properti yang digunakan untuk mendukung pertunjukkan dibuat secara mandiri bersama karang taruna dan pendamping desa budaya. Properti ular  dibuat dengan menggunakan kain yang dilukis karakter sisik. Kepala ular dibuat dari bahan kertas semen, kerangka badan dari kawat dan bambu. Pembuatan properti merupakan program kerja pendamping yang bertujuan untuk menggerakan karang taruna untuk mampu mengolah dan menyalurkan kreatifitas dalam bidang seni rupa.

Sendratari Dewi sri telah tampil perdana pada upacara adat wiwitan di Dusun Krekah, Minggu (13/8). Awal kesuksesan ini memberikan wacana untuk dapat ditampilkan lagi pada perayaan HUT Desa Budaya Gilangharjo pada bulan Oktober mendatang.

Tim Pendamping Desa Gilangharjo

Komentar atas Sendratatri Dewi Sri dengan Properti Artistik dalam Acara Wiwitan Rintisan Lumbung Kampung Mataraman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

Mohon menginformasikan kepada Wartawan Kalurahan bila di tempat Bapak Ibu terdapat kegiatan yang dapat di publikasikan melalui nomor WA :0838-4040-5458

Kalender

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License