Pelatihan Tari Jathilan Anak Sebagai Upaya Menanamkan Kecintaan Terhadap Seni Budaya Sejak Dini

14 Agustus 2018 12:17:59 WIB

Upaya regenerasi pelaku seni sudah mulai digalakkan oleh Pemerintah Desa Gilangharjo dengan didukung karang taruna. Hampir tiap dusun kegiatan seni digerakkan oleh kaum muda sebagai pelaku maupun managerial. Di Kampung Kwatangan Jomboran, banyak anak-anak memiliki talenta pada bidang seni. Rata-rata usia mereka setara kelas Paud, SD dan SMP.

Pendamping Desa Budaya Gilangharjo bekerjasama dengan Karang Taruna memberikan pembinaan kepada anak-anak dengan pelatihan tari Jathilan. Pelatihan dikuti sekitar 20 anak yang berdomisili di Kampung Kwatangan, pada hari Minggu dan Selasa. Latihan dasar pola lantai dan gerakan tarian sederhana untuk menambah eksotis tarian. Pelatihan ini merupakan program pendamping untuk memeperkenalkan dan mengakrabkan anak-anak dengan kegiatan seni. Dengan demikian dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya bersinergi pada program  pelestarian seni budaya.

Upaya untuk memicu semangat berlatih anak-anak, Tarian Jathilan akan dipentaskan pada malam tirakatan, 16 Agustus 2018 di Pendhapa Kwatangan, Gilangharjo. Para pemuda akan mengiringi tarian dengan tabuhan gamelan yang harmonis.   Pada kegiatan pentas tersebut menampilkan potensi kesenian diantaranya; Gejok lesung, Tarian, Jathilan Anak dan drama “Ande Ande Lumut’. Selanjutnya, tanggal 17 Agustus akan diselenggarakan perlombaan untuk memeriahkan perayaan HUT RI ke 73.

-Tim Pendamping Desa Budaya -

Komentar atas Pelatihan Tari Jathilan Anak Sebagai Upaya Menanamkan Kecintaan Terhadap Seni Budaya Sejak Dini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License