Pelatihan Kelompok Ikan Gilangharjo

Ndaru Admin Web 01 November 2023 15:32:38 WIB

Gilangharjo, Rabu 1 November 2023
Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan air tawar yang diikuti oleh Kelompok Budidaya Ikan Gilangharjo, yakni Mina Dompon Kadisoro, Mina Agung Kadisoro, Mina Bong Sari Bongsren, dan Mina Klepu Krekah.
Kegiatan ini dilangsungkan di Limasan Kwatangan RT 03 Jomboran Gilangharjo, dihadiri oleh Lurah Gilangharjo, Drs. H. Pardiyono, Dukuh Jomboran, Juli Riyadi, dan seluruh anggota Kelompok.

Pertemuan diadakan selama 3 hari, Rabu 25 Oktober 2023 - Jumat 27 Oktober 2023. Pada pertemuan hari pertama, drh Tri Rahmayanti selaku narasumber memaparkan materi tentang pembibitan ikan air tawar, antara lain, lele, nila, dan gurame. Dalam paparannya, Tri Rahmayanti menyebutkan bahwa produksi pembibitan memiliki banyak kelebihan, diantaranya modal lebih kecil, perputaran modal lebih cepat, dan tidak memerlukan ruangan atau lokasi seluas pembesaran, namun dengan resiko kesehatan yang lebih riskan, pasalnya pembibitan lebih rentan terpapar penyakit dikarenakan imunitas bibit ikan belum terbentuk layaknya ikan dewasa.

Menurut narasumber, ilmu pembibitan ikan air tawar perlu dipelajari oleh pelaku budidaya ikan air tawar karena selain dapat dijual ke peternak lain, juga dapat di budidaya sendiri untuk dibesarkan sehingga dapat memangkas biaya produksi dalam pembelian bibit ikan, dan juga dapat terbiasa menangani permasalahan penyakit ikan sedini mungkin.

Komentar atas Pelatihan Kelompok Ikan Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas