Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani Lestari Mandiri Gilangharjo

Ndaru Admin Web 01 November 2023 15:36:14 WIB

Gilangharjo, Rabu 1 November 2023
Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kapanewon Pandak, selenggarakan pelatihan pengembangan usaha, olahan pangan lokal, dan pemasaran.
Pelatihan tersebut dilaksanakan di rumah salah satu Anggota Kelompok Wanita Tani Lestari Mandiri, Haryanti, Ngaran RT 02, Gilangharjo.

Kiswanta, A.Md., selaku narasumber menyampaikan bahwa Kabupaten Bantul kaya akan sumber daya lokal dari pertanian, perkebunan, perikanan, maupun perhutanan, yang dari semua itu mempunyai potensi pasar masing-masing, karena potensi lokal memiliki ciri khas, karakter, citarasa, sesuai kearfian lokal masing-masing daerah.

Oleh karena itu, pelatihan KWT tersebut guna memacu dan memberi wawasan baru bagi seluruh anggota agar dapat mengangkat produk-produk olahan maupun hasil sumber daya lokal untuk dapat bersaing dipasaran, sehingga dapat memberi dampak ekonomi terhadap anggota.

Meskipun begitu, peran instansi terkait dan dukungan pemerintah sangat berpengaruh untuk menjaga alur dari hulu ke hilir sehingga kualitas bahan hingga produksi dan hasil panen dapat stabil dibawah sistem yang konsisten.

Komentar atas Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani Lestari Mandiri Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas