Pelatihan Pande Keris Jodog-Karangasem

Ndaru Admin Web 12 November 2023 16:30:49 WIB

Gilangharjo, Minggu 12 November
Pemerintah Kalurahan Gilangharjo bersama Dinas Kebudayaan Bantul melalui Danais gelar praktek pelatihan pembuatan keris untuk para pengrajin atau pande besi yang berada di Jodog - Karangasem Kalurahan Gilangharjo Kapanewon Pandak, yang dihadiri oleh Lurah Gilangharjo, Drs. H. Pardiyono berserta Jajaran Pamong, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Empu dan Panjak Pande se Jodog - Karangaem, dan Pemerhati Keris Gilangharjo.

Tentunya dalam kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh para pengrajin besi yang awalnya membuat peralatan pertanian seperti, cangkul, sabit, dan lain sebagainya menjadi pandai keris dan membuat keris Tosan Aji.

Hal terserbut juga dapat meningkatkan potensi pengembangan budaya dan ekonomi masyarakat Kalurahan Gilangharjo, karena Tosan Aji merupakan salah satu warisan budaya dan memiliki nilai yang tinggi. Hal ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah Kalurahan Gilangharjo yang nantinya akan dibuat area khusus sebagai sentra Tosan Aji.

Harapannya masyarakat dapat terus melestarikan budaya yang merupakan salah satu maha karya yakni Tosan Aji, karena selain nilai ekonomi yang tinggi, Tosan Aji juga syarat akan makna, doa, dan harapan bagi Empu dan Pemilik Tosan Aji itu sendiri

Komentar atas Pelatihan Pande Keris Jodog-Karangasem

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas