Muda Mudi Gunting Berkreasi Melalui Seni Rupa, Seni Musik dan Seni Pertunjukkan

24 Agustus 2018 18:00:27 WIB

Baru saja umat Islam merayakan hari raya Idul adha. Ada  beberapa kegiatan wajib yang harus dilakukan salah satunya adalah dikumandangkannya takbir oleh umat muslim di tiap daerah.

Begitu pula MMG (Muda Mudi Gunting), Gilangharjo, Pandak, Bantul telah memiliki agenda untuk mengikuti Festival Takbir Keliling yang diselenggarakan di Gedongsari, Pandak, Bantul pada tanggal 22 Agustus 2018. Upaya untuk menampilkan yang terbaik telah dipersiapkan dalam kurun waktu satu bulan. Persiapan tersebut meliputi pembuatan kostum, property, gerakan tarian, instrument music dan penciptaan tembang. Jumlah peserta dan kru berkisar 100 orang, terdiri dari karang taruna dan anak-anak.

MMG mengusung tema “Kemerdekaan Budaya” sesuai dengan misi untuk melestarikan kebudayaan melalui kegiatan kreatif. Terinspirasi dari cerita Rama dan Shinta, MMG mengaplikasikannya melalui kostum, property dan tembang. Keseluruhan kostum dibuat secara mandiri; kostum pemain dan maskot. Kostum pemain terbuat dari bahan jarik dan jilbab ynag dimodifikasi, sedangkan kostum maskot terbuat dari spon ati dan kertas, difinishing dengan menggunakan cat air yang menggambarkan karakter sosok “Shinta” pada cerita Ramayana.

Property pendukung berupa obor, lentera, topeng dan wayang. Wayang dibuat dengan kertas emas dibuat menyerupai tokoh Punakawan, topeng terbuat dari kertas yang kemudian dilukis sebagai pendukung tarian Klana Topeng. Keseluruhan property dan kostum dibuat dengan menggunakan dana mandiri dan dieksekusi oleh tim kreatif MMG. 

Instrumen musik dibuat dengan menggabungkan alat music tradisional dan modern yaitu saron, demong dan bas drum. Gabungan alat music tersebut memberikan nuansa melodi harmonis dan klasik dipadukan dengan lantunan tembang berbahasa Jawa. Novi Mahanani selaku vokalis pada performance tersebut, menciptakan lagu yang mengandung pesan tentang kemerdekaan budaya, dinyanyikan merdu dan menjiwai, sehingga menghasilkan suatu pertunjukkan yang spektakuler. Kreatifitas MMG yang mengolah perunjukkan dengan nuansa unsur budaya, membuahkan hasil dengan menyabet juara 2.

-Tim Pendamping Seni Budaya Gilangharjo-  

Komentar atas Muda Mudi Gunting Berkreasi Melalui Seni Rupa, Seni Musik dan Seni Pertunjukkan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License