Desa Gilangharjo Merealisasikan Program Optimalisasi Sistem Informasi Desa

09 September 2018 11:30:10 WIB

Sabtu (8/9) desa Gilangharjo bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan sosialisasi UU Desa dan optimalisasi Sistem Informasi Desa (SDI).  Muhammad Eko Atmojo, S. IP, M. IP selaku nara sumber memaparkan, “Program ini termasuk pada kegiatan akademisi yang tertuang pada Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang UUD desa dan optimimalisasi SID untuk memperjelas dan meningkatkan aktivitas kegiatan desa ”.

Kegiatan yang diikuti oleh 25 peserta dari lintas dusun di Gilangharjo, didominasi oleh kaum remaja. Semua peserta mendaftrakan diri melalui system on line. Kaum remaja inilah yang memiliki antusias yang besar akan ketertarikan digitalisasi di era milenial.

Desa Gilangharjo sudah memiliki dan mengaktifkan SID melalui web, face book, instagram dan youtube. Pemerintah mengharapkan partisipasi masyarakat melalui media social dengan memberikan komentar yang membangun ataupun memasukkan berita aktifitas kegiatan di dusun masing-masing. Segala bentuk aktifitas yang berkaitan dengan potensi karang taruna, pertanian, seni dan budaya, PKK, administrasi dll dapat dipublikasikan melalui media social untuk mempermudah penyebaran informasi dan sarana promosi desa.

Pemerintah desa Gilangharjo sudah memprogramkan  pelatihan jurnalistik di akhir bulan September. Pesertanya akan dibuka secara on line. Selanjutnya, Pemerintah desa akan membuka kesempatan untuk menjadi wartawan desa melalui sistem seleksi dan membuka kesempatan kepada seluruh kalangan untuk mengirimkan tulisan yang akan dimuat di SID desa.

-TimPendamping Desa Gilangharjo-

Komentar atas Desa Gilangharjo Merealisasikan Program Optimalisasi Sistem Informasi Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License