Rapat Kader PPKBD Gilangharjo; Persiapan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

29 Oktober 2018 14:42:27 WIB

Hari ini, Senin (29/10/2018) para dukuh dan kader Posyandu Desa Gilangharjo yang tergabung dalam PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) mengadakan pertemuan rutin di Balai Desa Gilangharjo pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Pertemuan kader ini khusus membahas program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang akan dilaksanakan oleh Puskesmas Pandak bersama seluruh kader di Kecamatan Pandak. Dalam program ini, ada 5 pilar STBM yang akan menjadi persiapan, antara lain:

  1. Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan)

Setiap warga harus sudah membiasakan diri untuk BAB di jamban/ tidak di sungai atau tempat tak layak lainnya.

  1. CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun)

Warga masyarakat harus memahami cara CTPS dengan benar, serta 5 waktu cuci tangan yakni setelah dari jamban, setelah membersihkan kotoran bayi/ lansia, sebelum menghidangkan makanan, sebelum makan, dan setelah memegang hewan atau benda – benda kotor lainnya.  

  1. Pengelolaan air bersih
  2. Tidak membuang sampah sembarangan/ pengeloloaan sampah dengan baik.
  3. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Mengalirkan limbah cair ke dalam bak tertutup/ septic tank yang jauh dari sumber air bersih.   

Ke-5 pilar tersebut harus disosialisasikan oleh masing – masing Kepala Dukuh kepada seluruh warga masyarakat di masing – masing dusun. Selanjutnya, pihak Puskesmas akan melakukan verifikasi dan akan dilakukan deklarasi STBM setelah semua pilarnya terpenuhi di Desa Gilangharjo.

Program ini disambut dengan baik oleh Pemerintah Desa Gilangharjo dan didukung penuh oleh Tim Penggerak PKK Desa Gilangharjo. Dalam sambutannya, Lurah Desa Gilangharjo Bapak Drs. H. pardiyono menyampaikan dukungannya. Pelaksanaan program ini tidak hanya perlu disosialisasikan tapi juga harus dicontohkan secara langsung oleh para Pamong Desa dan Kader. Terutama dalam mengelola sampah dan air bersih dengan baik. Sehingga dapat tercipta kelangsungan lingkungan hidup yang sehat di seluruh Desa Gilangharjo.    

Rencananya, Dusun Karangasem dan Dusun Jodog akan menjadi dusun sample pelaksanaan STBM, meskipun seluruh Dusun di Desa Gilangharjo juga harus melaksanakan program ini. Pelaksanaan verifikasi akan dilakukan pada bulan November 2018 dan deklarasinya akan dilakukan pada bulan Desember 2018.

Komentar atas Rapat Kader PPKBD Gilangharjo; Persiapan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas