Belajar Berorganisasi Sejak Dini Lewat Forum Anak

20 Desember 2018 14:54:53 WIB

Memiliki jiwa berorganisasi yang baik adalah modal berharga dalam menjalani hidup bermasyarakat. Tidak hanya untuk meningkatkan kehidupan sosial, tapi juga untuk menambah wawasan dan melatih jiwa kepemimpinan. Yang kemudian, dapat menumbuhkan kemampuan public speaking, kerja sama yang baik, pemecahan masalah dan lain sebagainya.

Jiwa berorganisasi ini perlu dimiliki dan dipupuk sedini mungkin agar diri kita terlatih untuk memiliki jiwa kepemimpinan sejak usia muda. Hal inilah yang menjadi tujuan dibentuknya Forum Anak Gilangharjo. Dalam organisasi anak yang beranggotakan anak – anak yang masih sangat muda ini, jiwa kepemimpinan diharapkan dapat tumbuh dan berkembang pada diri setiap anggotanya. Terbukti, sejak tahun 2008 dibentuknya organisasi ini, sudah ada banyak lulusannya yang memiliki jiwa kepemimpinan lebih baik dan meneruskan semangat berorganisasi di Karang Taruna Desa Gilangharjo.    

Dalam Pertemuan Rutin Forum Anak Desa Gilangharjo pada hari Kamis, 20 Desember 2018 di Ruang Rapat Kantor Desa Gilangharjo, tema yang diangkat adalah tema lanjutan dari pertemuan sebelumnya, yaitu Penyusunan Program Kerja Forum Anak. Setiap anggota forum belajar tentang bagaimana mereka bisa membuat program kerja agar organisasi ini menjadi lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas.

Dalam acara yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga tengah hari ini, anak – anak dipandu oleh narasumber bernama Hanif dari Sleman Yogyakarta. Mereka belajar tentang cara menyusun program kerja/ rencana kegiatan Forum Anak Gilangharjo di tahun 2018 – 2019. Tidak hanya itu, mereka juga diajak untuk melatih kekompakan dengan mengikuti fun games bersama – sama.      

Tentunya, pihak penyelenggara yaitu Pemerintah Desa yang berkerja sama dengan KKPA dan GSM Putro Linuwih memiliki harapan besar dengan diadakannya pertemuan rutin Forum Anak seperti ini. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Erni Kurniasih selaku sekretaris KKPA; “Semoga program kerja yang telah disusun dan direncanakan dapat terealisasi. Dan semoga Forum Anak Gilangharjo bisa lebih maju dan berkembang solid,” ungkapnya.  

Mari kita dukung kegiatan – kegiatan bermanfaat bagi anak semacam ini. Agar dapat selalu memberikan nilai positif dan melatih anak memiliki jiwa seorang pemimpin dan membangun karakter yang sangat berguna untuk masa depan mereka.

Komentar atas Belajar Berorganisasi Sejak Dini Lewat Forum Anak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License