Lansia Produktif Menangkap Peluang di Acara Senam Mobile

Administrator 14 Januari 2019 10:56:18 WIB

Oleh : Cornelia Ari Kristiani

Bukan karena kebetulan saya berangkat awal di senam mobile lansia kali ini. Selain tempatnya tidak terlalu jauh dari rumah saya di dusun Krekah , dusun Kadek Rowo memilih sanggar Gini Gino Guno sebagai lokasi senam. Saya ingin melihat-lihat dahulu lokasi sanggar. "Pasti menarik" begitu pikir saya dari rumah. 


Akan tetapi sesampainya di sana ada hal lain yang lebih menarik perhatian saya. 
Beberapa lansia datang lebih awal, dengan mimik ceria dan semangat muda mereka datang tidak dengan tangan kosong. Mereka membawa macam-macam mainan anak. Oooh rupanya beliau mau berjualan di event senam ini. 


Peserta senam sebagian besar memang ibu - ibu. Dan sudah bisa ditebak , pasti banyak anak - anak ikut dalam acara ini. 
Kenapa saya tidak pandai menangkap peluang seperti mereka ya? 
Senam mobile ini memang bisa dihadiri Sampai 500 orang. Bukankah ini peluang bagus untuk berjualan apapun. Jadi alih - alih melihat sanggar, saya berubah pikiran, saya sangat ingin berkenalan dengan mereka.

Saya berbincang dengan mbah Rukmini dan Mbah Bariyah warga RT 05 Kadek rowo. Ternyata beliau - beliau ini sudah terbiasa berjualan mainan anak-anak. Mbah Rukmini sudah 20 tahun berjualan mainan. Simbah penderita diabetes ini, mempunyai 2 orang putra dan 2 orang cucu. Beliau biasa berjualan di acara-acara hajatan, acara - acara kampung , dan kalau merasa sehat , berjualan setiap hari di lapangan Wijirejo. 


Mainan yang dijualpun beragam , diantaranya adalah mainan tradisional jaman saya kecil dulu. Aha semakin menarik kan? Ada kapal - kapalan dari kaleng bekas , ada baling othok-othok , gambar - gambar edukasi sampai mainan mobil-mobilan sederhana dan macam mainan yang lainnya. Mainan yang dijual adalah mainan produksi Jawa Timur yang dikulakkan anak - anak mereka di Jogja kota. 


"Mbah, sampun sepuh kok tasih Mande?" ( Nek, sudah tua kok masih berjualan?) Beliau bilang selain untuk makan dan penghidupan sehari - hari beliau ingin kelak putranya yang sudah lulus SMA 2 tahun ini bisa masuk bangku kuliah , berjualan juga untuk kegiatan dan hiburan . Lansia yang keren bukan?
Sungguh saya kagum melihat semangat simbah - simbah ini. Di usia lanjut mereka masih produktif dan bersemangat. 


Sungguh saya bersyukur bertemu , mereka memecut semangat saya untuk lebih produktif , saya turut mendoakan beliau semua selalu diberkahi kesehatan dan kebahagiaan , berkat rejeki yang baik , putra - putri dan cucu - cucu yang membanggakan. Amin ya Tuhan aamin. 

Komentar atas Lansia Produktif Menangkap Peluang di Acara Senam Mobile

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License