Rebab Jawa Karya Lokananta Gilangharjo

14 Januari 2019 13:49:31 WIB

Oleh: Cornelia Ari Kristiani

Rebab merupakan salah satu nama instrumen gesek yang digunakan dalam gamelan Jawa. 
Kami Lokananta Gilangharjo memproduksi rebab dengan berbagai pilihan kayu. Kayu terbaik untuk rebab adalah galih pohon asem . Galih (hati) disini adalah kayu bagian tengah atau hati pohon. Karena selain kekerasannya yang baik, warna, tekstur kayu yang indah galih asem yang mulai langka juga memiliki energi spiritual yang tinggi. Selain galih asem kami juga membuat rebab dari materi kayu lain diantaranya galih kayu kemuning, galih pohon sawo , galih Sono Keling. Kami juga bisa menjual bathokan rebab (badan utama) , senggreng ( penggesek ) dan ageman ( baju ) rebab secara terpisah. Kami juga melayani servis dan jasa pelatihan menggunakan alat musik gesek sejenis biola ini. 

Perlu kami sampaikan filosofi Rebab yang berasal dari kata " Abab", yaitu hawa yang keluar dari mulut, maksudnya nafsu pernafasan atau hawa nafsu. Filosofi rebab adalah "Manusia harus dapat mengendalikan hawa nafsunya". Artinya, dengan bermain musik kita belajar mengendalikan hawa nafsu kita. 
Berminat membeli dan belajar melestarikan kebudayaan adiluhung? 
Silahkan hubungi 
FB : Ririn Sartono 
Ig. : Ririn Sartono 
Wa : 087839627353

Komentar atas Rebab Jawa Karya Lokananta Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License