Ayo Ikuti Pelatihan Budidaya Lebah Madu dan Pengolahan Umbi Garut

16 Januari 2019 11:35:37 WIB

Satu lagi program Pemerintah Desa Gilangharjo yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dan diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan kedepannya, yaitu Pelatihan Budidaya Lebah Madu dan Pengolahan Garut.

Seperti yang kita ketahui, madu sangat berguna bagi kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai pelengkap makanan atau minuman, madu juga mengandung nilai gizi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Semakin berkurangnya hutan dimana lebah madu berkembang secara alami membuat madu murni sangat sulit didapat saat ini. Oleh karena itu, ide untuk budidaya lebah madu sangatlah brilian.

Nantinya madu murni yang dihasilkan tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan konsumsi, tapi juga untuk dipasarkan sehingga dapat membantu meningkatkan prekonomian masyarakat. Selain itu, budidaya lebah madu juga tidak memerlukan lahan yang luas. Jadi bisa dilakukan setiap warga meski tidak memiliki perkarangan yang luas.

Mengingat besarnya prospek lebah madu, Pemerintah Desa Gilangharjo berniat untuk memberikan kesempatan bagi warga untuk mengikuti pelatihan pembudidayaannya. Tidak hanya itu, pelatihan yang akan diberikan juga berupa Pengolahan Umbi Garut yang bahannya tersedia cukup banyak tapi masih kurang maksimal dalam pengolahannya di Desa Gilangharjo. Harapannya, setelah pelatihan ini akan ada lebih banyak kreativitas dan masyarakat yang bisa mengolah umbi garut menjadi makanan yang bernilai jual lebih tinggi.       

Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Februari 2019. Calon peserta bisa mendaftarkan diri paling lambat tanggal 18 Februari 2019. Untuk sementara, Pelatihan Budidaya Lebah Madu akan dilaksanakan untuk warga Dusun Depok dan Gunting dulu dengan kuota peserta  sebanyak 25 orang. Sedangkan untuk Pelatihan Pengolahan Garut hanya untuk warga Dusun Bongsren dan Kadekrowo dengan kuota peserta sebanyak 15 orang. Meski kuota terbatas, diharapkan setiap peserta dapat menularkan ilmu yang dimiliki kepada warga lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.    

Komentar atas Ayo Ikuti Pelatihan Budidaya Lebah Madu dan Pengolahan Umbi Garut

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License