Posyandu Seruni Depok untuk Masyarakat Sehat

18 Januari 2019 10:05:54 WIB

Oleh: Rochma Efridaningrum 

Kader Posyandu (Pusat pelayanan terpadu) 'Seruni' Depok kembali melaksanakan kegiatan Posyandu yang rutin dilaksanakan sebulan sekali setiap tanggal 16. Kegiatan bulan ini bertepatan dengan Hari Rabu, 16 Januari 2019, bertempat di kediaman Bapak Suratijo, Kepala Pedukuhan Depok, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Sementara pelayanannya dibuka mulai pukul 10:00 WIB sampai dengan 13:00 WIB. Sebanyak kurang lebih 30 sasaran Posyandu yang terdiri dari balita dan orang tuanya, ibu hamil, ibu menyusui dan bayinya, serta lansia, terdaftar menghadiri kegiatan tersebut. Anak-anak usia PAUD dan TK yang menjadi sasaran keluarga dampingan PKH, turut serta hadir bersama orang tuanya.

Dalam pelayanannya, kader Posyandu yang terdiri dari 9 orang telah terorganisasi untuk memegang tugas masing-masing seperti melayani pendaftaran, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah bagi lansia, dan pelayanan gizi berupa menu makanan sehat. Kader juga membantu mengisi catatan tumbuh kembang anak di buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang wajib dimiliki dan dibawa saat ke Posyandu. Pada kegiatan ini, 4 petugas Puskesmas kelililing dari Puskesmas Pandak 1 juga datang dan memberikan pelayanan berupa periksa kesehatan dan pengobatan bagi lansia.

Suasana di Posyandu sangat ramai. Tak sedikit dari batita yang menangis saat ditimbang berat badannya. Para lansia yang hadir juga saling berbincang dan tertawa bersama untuk menunggu giliran mereka mendapatkan pelayanan. 

Ada yang menarik dari pelayanan Posyandu Seruni ini, yaitu menu makanan sehat yang terdiri dari makanan pokok, sayur, lauk pauh, dan buah yang disajikan, telah menjadi perhatian khusus bagi para kader. Menurut salah seorang kader, Ibu Purwandari (36), bahan makanannya dipilih dan dimasak sendiri oleh kader dan asupan gizinya sangat diperhatikan. Memasaknya pun dilakukan pagi sebelum pelayanan dibuka, sehingga menu makanan tersebut dibagikan dan disantap saat masih 'fresh'.

Masyarakat Pedukuhan Depok khususnya ibu, anak, dan lansia yang hadir tampak bersemangat mengikuti kegiatan Posyandu tersebut. Tidak peduli terik matahari dan jarak yang telah mereka tempuh. Sebab, terkadang mereka datang dengan berjalan kaki saja melewati jalan menanjak dan turun untuk sampai tiba di lokasi Posyandu. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran mereka telah terbangun, demi mendapatkan manfaat dan pelayanan terbaik bagi kesehatan tumbuh kembang anak-anak mereka. Selain itu, Posyandu juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar orang tua dan anak, tempat saling berbagi dan bercerita, dan mendapatkan penyuluhan kesehatan.

Para kader sangat mengapresiasi kehadiran anak, orang tua, dan lansia yang hadir ke Posyandu. Mereka juga berharap, kerja keras mereka untuk ikut mengupayakan kesejahteraan anak di bidang pelayanan kesehatan akan terus mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari para orang tua dan masyarakat. (rh)

Komentar atas Posyandu Seruni Depok untuk Masyarakat Sehat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas