Menanti Supermoon

22 Januari 2019 09:50:29 WIB

Oleh: Cornelia Ari Kristiani

Saya membaca dari beberapa berita online bahwa sebagian bumi kita ini akan mengalami gerhana bulan pertama di tahun 2019. Gerhana bulan tersebut akan terjadi hari ini, 21 Januari 2019 atau pada kisaran tanggal 20-21 Januari 2019. Gerhana ini dapat dilihat dari Amerika Utara dan Selatan, Greenland, Islandia, Eropa, Afrika utara dan barat, juga sebagian Asia.


Sayangnya meskipun beberapa wilayah di Asia dapat menyaksikan supermoon ini, ternyata Indonesia bukan salah satu negara yang beruntung bisa menyaksikan supermoon. 
Para ahli menyebutkan supermoon berarti bulan akan hampir pada jarak terdekat ke Bumi untuk Januari ini, saat gerhana terjadi. Bukan saya kalau tidak terjaga menunggu keajaiban malam ini. Saya tetap berharap mungkin ada sedikit keindahan supermoon yang bisa saya lihat. Ternyata Gilangharjo dan sekitarnya malah diterpa hujan dan angin yang agak kencang. Lengkap dengan listrik padam dari sekitar pukul 21.00 tadi. 

Untuk mengobati kecewa saya, saya mencari tau tentang gerhana bulan yang diperkirakan singgah di Indonesia. Berikut daftar Gerhana bulan selanjutnya yang dapat teramati di Indonesia dalam waktu 5 tahun ke depan, seperti penjelasan Lapan dalam laman resminya di Instagram @lapan_ri:

1. Gerhana bulan sebagian 17 Juli 2019
2. Gerhana bulan penumbra 11 Januari 2020
3. Gerhana bulan penumbra 6 Juni 2020
4. Gerhana bulan penumbra 30 November 2020
5. Gerhana bulan total 26 Mei 2021

Nah , saya mencatat tanggal - tanggal tersebut dalam kalender telpon genggam saya. Sebagai pengingat dan seperti gerhana - gerhana sebelumnya saya bersama anak-anak dan suami akan memandang langit bersama. Mengucapkan syukur atas kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam semesta ini dengan segala kebaikan dan keindahannya. 

Foto saya ambil dari Tribunnews.com

Komentar atas Menanti Supermoon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas