Membangun Keakraban, Karang Taruna Desa Gilangharjo Mengadakan Outbound

Administrator 28 Januari 2019 13:02:36 WIB

Oleh : Imron Hidayatullah

 

Minggu, 27 Januari 2019 Karang Taruna Aneka Krida Desa Gilangharjo mengadakan kegiatan outbound dan keakraban di Pantai Goa Cemara. Kegiatan yang berlangsung selama setengah hari ini diikuti kurang lebih oleh 40 peserta dari pengurus karang taruna, termasuk pengurus baru hasil rekrutmen yang ditutup pada tanggal 25 Januari kemarin.

Sebelum kegiatan dimulai, terlebih dahulu semua peserta mendapatkan pembekalan dan motivasi dari Karang Taruna Kabupaten Bantul yang disampaikan oleh Mas Sutrisno selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Bantul. Selanjutnya, kegiatan diawali dengan pemanasan dan senam bersama yang dipandu oleh tim dari Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan dilanjutkan dengan outbound.

Kegiatan outbound dipercaya sebagai kegiatan yang paling efektif dalam membangun karakter dan keakraban. Dalam kegiatan outbound ini dilaksanakan beberapa permainan, antara lain energizer / frame work training (fun games & ice breaking) yaitu bentuk simulasi yang bersifat ringan dan rekreatif yang ditujukan untuk mencairkan suasana dan middle impact session (simulation-competition) merupakan bentuk simulasi yang bermuatan kerjasama untuk membentuk tim building dan kepemimpinan ( leadership ).

Dengan berbagai permainan yang bersifat rekreatif dan bermuatan kerjasama itu diharapkan dapat membantu para peserta untuk lebih saling mengenal dalam suasana yang bergembira serta mengubah suasana ketegangan menjadi suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Kemudian pada akhir kegiatan, diadakan kegiatan yang tidak kalah menarik dan menghibur, yaitu tukar kado silang dan pembacaan surat yang berisi pesan dan kesan dari setiap peserta. Menjelang waktu dhuhur, kegiatan pun diakhiri dengan sambutan dan pesan-pesan dari Pemerintah Desa Gilangharjo yang diwakili oleh Kasi Kesejahteraan, Bapak Sigit Setyawan, ST.

Selanjutnya, dengan kegiatan outbond dan keakraban ini diharapkan dapat membangun karakter dan keakraban serta menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar pengurus Karang Taruna Aneka Krida Desa Gilangharjo sehingga mampu meningkatkan semangat pengurus dalam menggerakkan organisasi karang taruna.

Komentar atas Membangun Keakraban, Karang Taruna Desa Gilangharjo Mengadakan Outbound

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License